Senin, 27 Desember 2010

My Blog

Awalnya blog ini saya buat untuk mengisi waktu, mengarsip ilmu bertebaran, sekalian peluang. Akan tetapi yang terakhir, saya tak begitu menginginkannya lagi. It's not my priority to become a very rich woman. No, Im not interest in. I love my life, my simple life. And I state that, treasure is will not be my destination. But Allah.

Saya pikir saya musti lebih lurus.
Tentunya tidak bersalah  mereka yang sangat kaya, tentunya dengan cara yang halal.

Sedangkan halal itu, haruslah hasan atau baik. Tidak membunuh orang lainnya. Pernahkan anda dengar orang berjualan penuh rayuan memanja, namun jualannya tidaklah semanis gombalannya.

Ah, saya tidak bisa seperti itu.

Sedangkan tujuan mengisi waktu, it's work. Ada yang berjalan diatas relnya. Saya ingin sekali mengarsip kesehatan anak saya sendiri, untuk bisa saya pelajari kemudian hari.

Rabu, 08 Desember 2010

Astaga Desember!

Oh My God!

Saya melewatkan Nopember ceria, tanpa posting satu biji pun. Tuhan, maafkan saya!

Padahal sudah bertekad bulad, semalas apapun, selebay apapun saya musti posting. Hahaha..
Moms semua, saya menyibukkan diri dengan beberapa hal di Nopember ini. Apakah itu, ikut tes CPNS. Hahahaha

Saya ingin tertawa, dan moms semua juga boleh ikut tertawa atau menertawakan saya. Bagaimana tidak? Bukankah beberapa saat lalu, saya posting keinginan saa untuk menjadi pengusaha? Sebuah profesi yang menurut saya paling ramah untuk anak-anak. Bahkan hingga saat ini.

Hingga sekarang setelah saya dinyatakan DITERIMA sebagai CPNS KPU.

Selamat untuk saya. Antara senang dan tertawa. Karena memang saya, sungguh berusaha keras dengan belajar tes CPNS. Karena KPU, maka saya belajar tentang Pemilu, melalui berita dan juga UU yang terkait dengannya. Tak kurang 500 halaman saya pelajari demi keberhasilan ini.

Lalu bagaimana nasib cita-cita menjadi pengusaha?
Hmmm.... mungkinkah saya akan menjadi amphibi??

Minggu, 24 Oktober 2010

Melahirkan dan Perasaanku

Pagi itu, 9 Mei 2009, jam 5.30 WIB. Tatkala Ujank -panggilan sayang untuk suamiku- masih lelap, lelap sekali dalam tidurnya. Memang 2 jam sebelumnya, ia baru sampai rumah. Sedangkan perjalanannya dari Surabaya hari itu, masih harus pula menyetir mobil Pak Sindhu. Rekan kerjanya di Adhi Karya Kontraktor. Tentu saja capek. Love U suamiku.


Aku terbangun. Karena kurasakan ada air yang mengalir pelan-pelan dari dalam perutku melalui saluran kencing. Hangat. Ya, air itu terasa hangat membasahi celana dalam. But, hey aku tak mungkin ngompol kan? ini air apa? tanyaku dalam hati. Kenapa merembes pelan? masih bertanya-tanya.

Pelan-pelan aku bangun dan sadar belum sholat subuh. Kulangkahkan kakiku pelan menuju tempat wudlu.
Perutku semakin berat rasanya. Ini bukan keluhan. Perutku memang terasa didesak dari dalam. Bayi yang kukandung seakan-akan mau jatuh, tepatnya orang Jawa bilang koyo arep ceblok. Sampai-sampai aku benar-benar merasa perlu untuk memegangi perutku dan melindungi isinya. Setidaknya, semacam itulah rasanya, jika kau mau tahu sejujurnya. Memang sudah 9 bulan. dan hari itu, 2 minggu sebelum hari H berdasar perkiraan dokter obginku, dr. Bambang dan bidanku Bu Har Sunu.

Sehabis subuh kutunaikan. Kucoba membangunkan Ujank. Ya, dia baru saja sampai. Dan konsentrasi menyetir selama 4 jam pasti menguras energinya dan memaksa matanya untuk tertutup saja enggan terpapar sinar. Sulit bangun, sulit sekali dibangunkan. Tapi bagaimanapun harus bangun. Subuh tak bisa ditunda.

Sementara perutku terus terasa aneh. Aku tidak tahu, rasanya seperti membengkak. Memang sudah bengkak karena hamil 9 bulan. Tapi ini begitu aneh. Benar-benar terasa padat, memadat. Terasa bengkak, membengkak. Terasa penuh sekali. Keras, dan ah bagaimana lagi aku harus merinci gambarannya.

Padamu perempuan, kau akan tahu sendiri rasanya nanti. Tapi padamu para pria, ah kalian tak akan pernah tahu. Jangan pernah. Tapi mungkin kalian benar-benar ingin tahu ya? Aku kasihan sekali pada kalian. Kusuguhkan untuk kalian, agar kalian tahu bagaimana menghormati para perempuan.

Dalam usahaku membangunkan suamiku, Apri alias Ujank, air hangat masih terus mengalir. Seakan-akan mengingatkanku akan sesuatu yang lain terjadi pada tubuhku. Sempat tadi kulihat air hangat itu berwarna bening tetapi ada sedikit kotoran bersamanya. Ujank masih juga belum bangun, meski telah kugoncang-goncang tubuhnya. Aku mulai takut terlalu siang, hingga tanpa sadar aku menggertaknya keras.

"Ujaaank! Bangun!"

Sontak, bibir vaginaku seakan tersendul sesuatu. Darah mengalir pelan. Sedikit menetes mengenai betisku.
Ah darah itu begitu merah. Apakah waktunya melahirkan?

Kontan aku berteriak, "Ujank cepat bangun, sholat dan segeralah antar aku. Anak kita mau lahir. Cepaaaat"
[Belakangan jika kuingat, kok masih ada tenaga ya buat teriak... ^_^]
Begitu kagetnya dengan teriakanku. Mungkin juga karena kandungan kalimatnya. Ujank bangun segera.

Jam sudah menunjuk ke angka 6.30 pagi ketika kami akhirnya berangkat ke Bidan Har Sunu, salah satu bidan delima dikota kecilku, Trenggalek. Pikiranku sudah kacau sekali. Aku tak tahu hari H akan maju 2 minggu. Bahkan aku tak membawa perbekalan apapun. Hanya membawa baju dibadan. Bahka sebelumnya akupun bingung hendak kubawa kemana proses melahirkan ini. Rumah Sakit? Puskesmas? Bidan? Perutku sudah tak lagi membutuhkan pemikiran begitu dalam. Bayiku sudah tergesa hendak melihat dunia.

Beruntung rupanya diriku, Ujank begitu sigap mengeluarkan kijang 95 dari kandangnya melewati gang kecil dirumahku menuju Bidan Har. Begitu tenang kijang 95 itu menggelinding. Tetapi siapa sangka dibalik kijang 95 yang meskipun kusam banyak goresan, namun masih tampak kokoh itu, aku meronta, meringis-ringis, mengaduh (bukan mengeluh), mencoba menahan sakit yang teramat.

Sungguh, seperti mau pipis, jika kalian ingin tahu, mau be-ol, tetapi sesuatu yang perlu dikeluarkan itu benda yang amat besar. Berlipat besarnya dibanding tinja yang kita keluarkan. Ya berlipat. Tinja kita mungkin hanya sebesar pisang ambon. Tapi ini bayi 3 kg. Oh bukan, kuketahui kemudian bayiku keluar dengan berat 3,75 kg. Berapa berat maksilmal tinjamu? Dan lagi ini keluar melalui bibir vagina. Bukan lubang dubur.

10 menit perjalanan yang kami butuhkan untuk menuju Bidan Delima Suhartini Sunu. Lebih terkenal dengan sebutan Bu Sunu. Sesampainya disana. Aku masih harus menunggu. Tentu saja, karena mendadak, Bu Sunu belum menyiapkan satu alatpun. Tentu Saja. Dan kalian tentu tahu apa artinya itu bagiku. Oh bagi perutku yang berisi bayi 3,75 kg yang tak sabar untuk segera keluar dari ruang yang tak lagi luas. Dan sangat mungkin mulai ketakutan dengan semakin berkurangnya air ketuban yang hangat membungkusnya dan memberinya oksigen untuk dihirup.

Sungguh mulas. Mulas sekali rasa perutku. Mulas yang amat sangat. Pasti lebih daripada apa yang dirasakan saat kaum perempuan sedang mendapatkan tamu bulanannya. Ini jauh sekali. Karena itu, hormatilah ibumu. Sungguh saat itu, aku benar-benar teringat ibu. Dan aku menangis, bukan karena sakit yang amat sangat, melainkan teringat perjuangan ibuku dulu. Beginikah? Ah, aku lupa. Tentu yang dirasakan ibu lebih dahsyat. Bukankah menjelang aku dilahirkan, bapakku sedang dalam kondisi sakit. Beliau sakit patah kaki akibat kecelakaan motor kala itu. Sedang aku kini, merasakan detik-detik kelahiran anak pertamaku dengan ditemani suami tersayang.

Aku terus-menerus mengucap istighfar, tasbih, takbir. Bergantian. Kadang dengan suara pelan, kadang keras menjerit, jika aku kaget dengan sundulan bayiku. Dia benar-benar merangsek. Memaksa sekali. Jika dibahasakan, mungkin dia akan berteriak, "Keluarkan aku, air ketubanmu mulai habis ibuk!"

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Pekikku kaget. Ya Allaahh.. Ya Allaah..
Pintu belum juga dibuka, sejak ibuku memencet bel7 menit yang lalu. Aku duduk menunggu di kursi rotan berbantal spon yang seharusnya empuk di teras rumah Bu Sunu. Kursi itu sama sekali tak nyaman. Bagaimana bisa nyaman, jika duduk dalam keadaan kebelet? Aku hanya bisa meletakkan ujung pantat di ujung kursi. Bayiku akan berontak jika kududukkan di kursi.

Akhirnya, pintu pun terbuka. Aku sudah melihat ruang persalinan Sang Bidan sebelumnya. Aku mau cepat-cepat sampai ranjang melahirkan. Sungguh pegal punggungku, rasanya tak mampu lagi berdiri. Aku harus tahan. Dengan terengah-engah sedikit, sambil dipapah Ujank, aku berjalan menyusuri koridor pendek menuju ruang bersalin.

"Naik ranjang Mbak. Sini, kakinya disini", kata Sang Bidan.
"Lhoooh!, lha kepalanya sudah kelihatan? Wah, sek, tunggu, lha alatnya belum disterilkan!", teriaknya lagi.

"Uhuhuhuhu..Bayiku anak baik, bersabarlah", doaku dalam hati. Jangan bayangkan fisikku tenang. Meski berusaha keren dengan tetap cool, imut, dan menarik, tentu saja segala upaya itu tak berbuah. Aku berteriak sekali-kali. Ya ya ya. Yang benar berkali-kali. Jangan kau gurui aku. Tentu saja aku ingin melahirkan dengan ekspresi manis dan senyum bak ratu kecantikan sejagad raya sedang jalan di catwalk.

Tapi melahirkan, memang sakit sekali. Untuk diingat, ada makhluk hidup imut yang ingin keluar melalui lubang vagina sebesar 3,75 kg. Panjangnya sekitar 51cm. Anda semua bisa bayangkan itu.

"Sek, tahan ya...", kata Bidan lagi, coba memperingatkan aku.
"Tahan? bagaimana, sudah tak bisa, mau keluar dia"lirihku.
"iya, wes siap. Ngeden kuat ya?" mulai.
Tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttttt *******sensor*********

Prosesnya cukup panjang.
Setidaknya dari masuk ruang bersalin jam 6.30 WIB. Bayiku akhirnya keluar tepat jam 7.00 WIB.
Suamiku Ujank sayang dan Ibuku berjasa sekali menjadi tempatku bersandar dan menghisap kekuatan melalui pegangan tangan penuh kasih.
Bayi mungil, yang kemudian kami namai Farros Abiy Maulana itu lahir dengan normal dan selamat.
Semoga menjadi anak sholeh yang cerdas, pintar, kreatif, tampan.

Semoga Rahmat Allah selalu menyertai kami sekeluarga dan semua umat muslim muslimin sedunia. Aaamiiin.....

Rabu, 13 Oktober 2010

Perlengkapan Ibu Melahirkan

Rasa-rasanya ada yang kurang dalam postingku. Ada Perlengkapan Bayi Baru Lahir tapi kok tak ada daftar perlengkapan ibu melahirkan. Ya sudah, sekalian sebagai pengingat untuk kehamilan kedua nanti. Kapan?

Karena saya minim sekali info soal ini. Tidak terpikir sama sekali bahkan. Jadi langsung saja ya. Saya tuliskan ceklisnya

  1. Pembalut khusus nifas. Darah nifas kita akan sangat banyak.
  2. Stagen. Perlunya untuk menyangga perut. Pengalaman saya, kalau tidak pakai, perut serasa mau jatuh. 
  3. Bra menyusui. Tidak harus bra khusus menyusui, karena saya pernah beli, namun malah kerepotan. Anda bisa memilih sendiri yang sesuai. Tapi bagi saya, yang nyaman adalah sport bra. Tinggal tarik, tapi tetep kenceng.
  4. Kaos menyusui. Sekarang mulai banyak tuh mam. Cek di toko ini ya. atau yang ini
  5. Breast Pads. Benda apa nih? Saya yang jadul mam, karena awalnya tak tahu. Jadi semacam busa untuk menahan ASI yang selalu menetes. Awal-awal menyusui, ASI kita biasanya akan sangat banyak sampai menetes. Kan jadi basah...
  6. apalagi yah, mikir dulu....
 Silakan donk, ditambahin........
Thanks yaaahhhh

Selasa, 12 Oktober 2010

Setiap Hari Belajar

Begitulah! 
Saya bersyukur kehadirat Allah. Meskipun dengan ekonomi sedang, maksudnya penghasilan keluarga ditopang satu orang [ayah sayang, yang seorang PNS] tapi ayah, dengan senang hati berlangganan internet untuk saya. 

Love u pa..

Sangat menyenangkan. Disaat buku mahal, koran mahal [bagi ukuran ekonomi kami], tapi informasi harus sebisa mungkin update! Maka internet adalah jawaban yang paling memuaskan. Memberi lebih dari yang diharapkan. Harganya pun tak lagi mahal. 

Dengan internet, saya bisa belajar tiap hari. Tentang apa saja. 

Mau masak, buka internet.
Mau bermain dengan Abiy, buka internet.
Mau dicurhatin ibu, buka internet.

Semua saya cari referensi dan studi kasus yang dicurahkan orang lain. Kita tinggal mengolahnya dengan pertimbangan akal pikiran. 

Dan saat ini, sudah lama juga sih, bayak orang cari uang, pakai internet. Tapi hati-hati ya, kalau ada yang nawarin yang instan dan otomatis. Hihihi...

Sabtu, 02 Oktober 2010

Me & Hubby

Ragu2 awalnya ketika mau nulis, tetapi semoga bisa jadi arena contek-contekan seluruh anak muda. [tua donk diriku, hixx]

Well, saya dan suami pacaran setahun sebelum menikah. Sebenarnya, malu mengatakannya. Secara, dalam pemahaman saya akan Islam, pacaran tidaklah diperbolehkan. Bapak saya yang moderat pun menyatakan, apa manfaat pacaran? saat saya iiseng bertanya, "Pak aku boleh punya pacar?".

Kok nekat juga pacaran. Saya pikir saat itu, toh kami jarak jauh. Bukan dalam arti sebenarnya, karena de factonya, kami hanya sejauh Unair - ITS. Dekat!

Tetapi kesibukan masing-masing membuat kami hanya bertemu seminggu sekali. Ketika sedang nyantai pun, saya dan dia pilih pergi dengan teman masing-masing. Atau pergi bareng tapi dengan teman sedaerah. Rame-rame lebih seru...

Maklum newbie saat itu di dunia perpacaran. Kami sama-sama belum pernah pacaran. Jadi sama-sama masih virgin. heehee.

Kan ada HP?
Iya, memang ada HP. Tapi saat itu, kami juga jarang kirim-kirim sms. Padahal sudah cukup murah pulsanya. Apalagi vendor telekomunikasinya sama. Dilarang ngiklan nih!

Kenapa? untuk meminimalkan efek samping. Semua tahu dong, jika sedang jatuh cinta, dimana-mana ada wajahnya. kapan saja teringat dia. Buat saya itu efek. Agar hati tak terkotori terlalu dalam. Yang ikhwah boleh protes nih.

Ada satu syarat yang saya kenakan pada pacar saya saat itu? Saya mau terikat, tetapi atas ijin orangtuamu. Dan pernyataan kesedian orang tua pacar, untuk menerima saya sebagai calon istri. Karena saya tidak mau, pacaran tanpa tujuan, hanya untuk senang-senang. Ah, mungkin saya terlalu serius. Bagaimana pendapatmu adek-adek?

2 Tahun Pernikahanku

Weww, Abiyku sekarang sudah 1 tahun 4 bulan. It means perkawinan, wooo, pernikahanku sudah 2 tahun. Karena alhamdulillah, aku , tepatnya kami [donk], langsung dikaruniai anak begitu menikah [2 bulan saja tanpa penantian, hehehe].


Masih seumur jagung yah..


Papa apa nggak papa ya, pingin banget rasanya nulis sesuatu yang terjadi dalam keluarga kecilku. Kalau jadi kutuliskan, semoga membawa manfaat bagi semua.


Aku, saat menulis ini, masih memilih jadi ibu rumah tangga. Not full, cause I'm assisted by an attendant. O no no. Im not call her as an attendant. I prefer to call her as personal assistant. I don't know. I think it sound better. Isn't it?


Bagaimana kehidupan kami? so far so good. hihihihi...
He treats me well. Feed us well, playful, although very busy at the office, but never came home with annoyed face.


Love him so much.


Did he ever do wrong? ya tentulah. Eits.. Hati-hati. Jangan terjebak. Seringkali kita berpikir bahwa pasangan telah bersalah pada kita. Tetapi jika mau direnungkan kembali. Mungkin itu hanyalah kesalahpahaman. Sebagai akibat perbedaan kultur, misalnya. Bagaimanapun kita dan pasangan berasal dari keluarga yang berbeda. Bukan begitu? 


Tunggu cerita mamapapa abiy berikutnya. Saya akan cerita apa saja masalah keluarga muda. Dan bagaimana tips dan trik mengatasinya.


But, whatever, dealing always with a smile.

Abiy sudah bisa NGOMONG

Akhirnya setelah 16 bulan umurnya, bisa juga Abiy ngomong. Tentu saja deg-degan selama masa penantian. Tapi tak pernah terucap, agar tak menjadi doa buruk Sang Ibu bagi anaknya. Sabar.

Buahnya manis sekali. Sekarang Abiy bisa mengucap apa saja yang didengarnya. Kalau dulu mengucap kata mbah bisa, namun seperti tanpa makna. Hanya gumaman seorang bayi yang belajar berkata.


Apakah kata awalnya? glugu!
ya glugu. Sebutan untuk kayu pohon kelapa. Saat itu, ada tetangga, Om Hendra sedang menata kayu-kayu glugu di rumahnya. Begitu dikatakan, "Iki glugu le, jenenge glugu". Abiy ketawa, hahahha gu gu. Sampai dirumahpun, rupanya dia masih terngiang-ngiang, gu gu. Begitu terus.

Selanjutnya, apa saja ditirukan. Dan sekarang, saya telah tak mampu lagi menghitung kosakata barunya. mandi, ceblok, jatuh, cicak, kuda, sapi, kucing, maem, minum, susu, uti, ayah, ibuk.

It is amazing mom. Denger anak ngomong dengan cedal-cedalnya itu. hmm menakjubkan...
Bgaimana beibi Anda. Semoga selalu yang terbaik yah...

Sabtu, 25 September 2010

Supporter ASI Exclusive-Q

Ga ada yang bisa sukses sendirian di dunia ini kan? Banyak sedikit, diketahui atau tidak ada yang membantu, setiap kesuksesan kita melakukan sesuatu. Begitu juga dengan program asi eksklusiveku. Banyak yang terlibat.

  1. Allah Sang Penunjuk, yang telah menghidayahiku ilmu tentang ASI dan betapa luar biasanya manfaat ASI eksklusive. 
  2. Nenek. Mbah Mi panggilanku untuk beliau. Ibu dari ibuku yang jauh-jauh meninggalkan Widoro-Gandusari khusus untuk turut menyukseskan ASIX. Peran beliau adalah menyemangatiku untuk tidak lelah, tidak ngedumel, ngresulo, untuk terus makan. Love u grandmo. Sudah begitu masih juga pergi ke pasar, belanja sayur sawi, kecipir, hmm lantas langsung masak dirumahk. Maaf ya suamiku. hihihi
  3. Ibuku. Disaat aku masih ecapekan terus menerus menyusui. Beliau memasakkan untukku di pagi buta. Siangnya, baru aku masak untuk tambahan.
  4. Suamiku. Bagaimanapun dia yang mencari nafkah keluarga. Jadi perannya adalah secara tidak langsung. 
  5. Orang-orang lainnya termasuk mertuaku [love u mamam] awalnya sempat membuatku demotivasi. menyuruhku untuk menambahkan sufor untuk bebiku. Tetapi kekekehanku membuat beliau mengalah dan memilih menyediakan menu sayur hijau khusus buatku, ketika aku berkunjung ke rumah beliau. (Mungkin daripada aku ndak mau maen kesana ya, hihihi, peace mam :D )
Beitulah. Jika moms, berniat asi eksklusif, sebaiknya mulai berkampanye pada orang-orang terdekat khususnya di rumah anda. Misalnya pembantu, suami, orangtua, mertua, tetangga. Halang rintang kan anda. Lebih baik anda sedia payungnya.. Sukses yaa.......

Kamis, 16 September 2010

Minal Aidzin wal Faidzin

Met Idul Fitri...
Mohon maaf lahir batin..

Semoga berkesempatan berjumpa lagi ramadlan berikutnya..

Minggu, 15 Agustus 2010

Teknik Afirmasi untuk Sukses Asi Eksklusif

Berbulan-bulan lalu, sebelum Abiy beibiku lahir, aku sudah seringkali berkata pada diriku sendiri. [gara-gara nonton infotaintment ini -artis x asi eksklusif] "Aku akan menyusui eksklusif dan aku pasti bisa. Pasti Bisa." [Ilmu husnudhon, belakangan kuketahui itu sebagai teknik afirmasi].

Teknik afirmasi sendiri adalah hasrat kita yang kita nyatakan menjadi sebuah kenyataan atau tulisan pribadi. Tujuan dari afirmasi adalah untuk mengulang-ulang sebuah pernyataan, dari hari ke hari, sampai pernyataan itu tertanam dengan benar dalam pikiran bawah sadar kita. Sumbernya dari link ini.

Balik dulu. Bahkan termasuk tentang kehamilan. Cukup jauh sebelum aku menikah, aku juga sering berkata sendiri. Dalam hati. "Aku, suatu saat ketika hamil nanti, akan sangat menikmati kehamilanku dan aku insyaAllah sehat, tidak mual, pusing dan sebagainya." hehe. [yang terakhir ini, belakangan juga kuketahui tidak benar, bagian tidak mual]. Dalam teknik afirmasi, tidak dibenarkan mengatakan "tidak".

Hasilnya?
lebih tepatnya subhanallah, alhamdulillah. Semua karena rahmat Allah swt. Semua adalah nikmatNya. Saat menyusui, permasalahan yang seringkali dialami ibu menyusui seperti asi tak keluar, tidak saya alami. Sebenarnya sempat tidak keluar banyak, tapi itu wajar.

Harus dibateg!
[dipaksa dan diperjuangkan], terus saja diminumkan. Terus diminumkan, diminumkan dan diminumkan. Mesti keukeuh. Bukankah cara kerja asi adalah terangsang untuk terus berproduksi dengan kenyotan atau hisapan bayi? Ya, seperti itu moms. Itu yang saya dengar dari berbagai gosip ibu meyusui dan tentu saja terutama dari dokter spesialis kandungan saya, dr Wita di RSI Jemursari Surabaya. Bahwa cara untuk sukses menyusui eksklusif adalah faktor psikologi dan faktor gizi makanan.

Faktor psikologi, kesiapan mental dan kemauan. Apakah moms benar-benar mau, pingin menyusui secara eksklusif? Karena yang saya dengar dari teman [yang akhirnya tidak eksklusif], penyebabnya karena asi tak keluar banyak, nyusunya kuat banget, seperti habis gitu rasanya, nanti kurang, ketakutan-ketakutan yang muncul. Mungkin kurang informasi.

Bahkan ada juga yang pada akhirnya keceplosan, lha kalau malam gitu, dede bayinya maunya netek aja [minta asi terus], padahal aku kan ngantuk berat. Nah lho ketahuan malesnya. hehehehe..

Come on moms, asi, semakin diminum akan semakin mengalir. Please give them asi. Yaaa??
ehehehehheeheee

Hmm dukungan papap juga penting disini. Masi banyak banget papap yang nggak begitu perduli eksklusif atau nggak. yang penting cari duit. Ayo donk papap, asi eksklusif  for your sons and daughters.

Dan untuk afirmasi tentang kehamilan, ketika saya akhirnya hamil beneran. Eitss, setelah menikah donk. Aku eh saya tidak pernah pusing-pusing. Sehat. Tidak juga mual. Muntah pernah, tapi hanya 2 kali selama kehamilan 9 bulan. Itupun setelah muntah, efeknya hanya lapar sekali. Makan lagi, beres dah. Sama sekali tidak membuat lemas.

Orang disekelilingku juga banyak yang berkomentar, Mbak, sampean ki hamil kok jalane ga kayak hamil. [hihi, saya jalannya sambil ngodrok, jalan cepat gitu, setengah lari]. Kan demi kekuatan jantung bayi.

Tertarik coba afirmasi. Berikut tekniknya :
  1. Afirmasi bersifat perseorangan. Sehingga katakan : Saya percaya diri, saya pasti bisa menyusui asi secara eksklusif. Bukan kata 'kami'.
  2. Gunakan kalimat positif : Saya percaya diri, saya pasti bisa menyusui asi secara eksklusif. Keliru jika berkata, saya tidak akan gunakan susu formula.
  3. Pernyataan afirmasi adalah dengan kalimat kondisi saat ini atau present tense bukan future tense. Hmm untuk yang ini, saya keliru, karena memang saat itu kan saya belum hamil apalagi menyusui. hehehe blaming neeh...... cari pembenaran saja. Untuk calon atau moms, gunakan kalimat : Saya percaya diri, saya pasti bisa menyusui asi secara eksklusif. [tanpa tambahan saya nanti akan bisa ......................]
Dan ulang-ulanglah kalimat-kalimat tersebut untuk kesuksesan asi eksklusif.

But, tantangannya tetep aa. Pihak eksternal. Biasanya justru keluarga dekat anda moms. So, keukeuhlah.

Kamis, 12 Agustus 2010

Belimbing Dewa si Maulana [Abiy]

Kalau dulu-dulu, saya posting sayur-sayur favoritnya Abiy, my lovely beibi, kali ini moms, saya mau cerita tentang si buah ya. Semoga bisa jadi inspirasi, ting!

Sebelumnya, sekalian bilang thanks dah untuk ayah bin phapa, [anakq masi suka berubah, kadang panggil yah kadang paaaaa]. Pasalnya, ternyata kalau saya tiap hari hepi to be pusing-pusing mikir bebi's menu, si ayah my beloved husband hepi to bepusing-pusing mikir, what fruits now??

Jadi lengkap ya. Saling mengisi, eishhh..

Belimbing. Ini dia yang dia suka. Cara makannya, cukup setelah dicuci bersih, potong satu bagian. Dan dikenyot alias dihisap. Makannya sambil kentak-kentuk. heih, apapula itu? hihi. jadi sambil apa ya, nunduk-nunduk dan senyam-senyum lebar gitu. Aiih, mbayanginnya kok jadi gemes dewe. SSSttt, lagi bubu dianya.

Biasanya sih belinya belimbing dewa, yang karuan manis. But, seperti apa ya komposisi gizinya? Cek yuuu
dalam 100gr terdapat energi 35,00 kalori, 0,50 gr protein, 0,70 gr lemak, 7,70 gr karbohidrat, 8,00 mg kalsium, 22,00 mg fosfor, 0,90 gr serat, 0,80 gr besi, 18,00 RE vitamin A, 0,03 mg vitamin B1, 0,02 mg vitamin B2, 33,00 mg vitamin C dan 0,40 gr niacin. Eh yang ini sumbernya dari sini.

Manfaatnya antara lain, mencegah dan mengatasi kencing batu jika dicampur madu, aih ini adalah jenis sakit yang dderita kakek abiy, ayahku sebelum meninggal. Ya Allah.

Back to Belimbing. Bisa lho, si belimbing  mengatasi sakit perut yang berlarut, demam, kencing manis, bisa juga membantu proses penyembuhan batuk, kolesterol tinggi [wuaaa, ini penting, I like it much, secara kami keluarga pecinta udang, hehe] dan mampu atasi sakit tenggorokan. Buah belimbing manis juga berkhasiat untuk antiinflasi, analgesic, dan diuretic. Banyak yah...

Subhanallah....................

Alhamdulillah, Saya Puasa

Iiih, kangen banget, lama ga ngeblog. Padahal isi kepala dah full banget, musti segera dituangin nih. Bisa mbleber ga karuan kalau ga.

Pengen deh share kebahagianku pada para bunda dimana saja berada. Eh sebelumnya, marhaban yaa ramadlan. Semoga kita mampu menjalani ibadah romadlon sebaik-baiknya. Ini termasuk gak ya.. hehe..

Bahagia apa nie?? Ssst, 2 hari ini saya bisa puasa dengan lancar-car. Soalnya tahun lalu, pas Abiy masi imut [baru 4 bulan] saya ga kuat puasa. : p laperrrr... Tahun lalu, saya benar-benar tak kuat. Dikit-dikit makan. Makan kok sedkit-sedikit?

Moms semua juga gitu ga? Pasalnya kan memang asi exclusive. Makan dan minum air susu kita aja. Logis donk yah, kalau mominya jadi tak kuat puasa.

Alhamdulillah Abiyku yang sekarang sudah 15 bulan [dengan BB 10,1 kg] lumayan ndutlah penampakannya, hehe, sudah tak sedikit-sedikit nenen/ minta asi. Nenen kok sedikit-sedikit? halah! Meski sekalinya minta asi [pas mau bobo]  nenennya lamaaaaa sekali. Sampe ngantuk-ngantuk, untung bisa bangun lagi. Ssst, soalnya kalo bebi lagi bobo, itulah "me time saya, surfiiiiiiiing time"

Makannya juga sudah gampang. Alhamdulillah, semua makanan sehat mudah masuk. Kadang-kadang susu cair UHT juga dia minta. Hiks, tapi sekarang dia minta yang coklat.

Kalau tahun lalu saya sama sekali tidak puasa karena memang tidak kuat alias lapar terus. Sekarang yang sempat muncul adalah kekhawatiran seandainya air susunya kurang. Secara bahan utama ASI adalah air. Walhasil solusinya buat saya adalah minum air [putih khususnya] sebanyak-banyaknya sepanjang masa buka. Saya usahakan setiap terbangun, minum air putih 2 gelas [Abiy tidak saya pakaikan pamper atau clodi, jadi masi harus bangun tatkala dia ngompol]. Dan ternyata, ya berhasil. Rasanya, saat siang hari dia nenen, asi mengucur cukup deras.

Ikhtiar saya yang lain adalah, menyiapkan masakan super lezat untuk si bebi, agar makan banyak. Dan tak kalah penting, makan tepat waktu, sebelum ngantuknya menyergap. Bisa repot, hehe..

Kamis, 29 Juli 2010

Pantai PRIGI, Yuuu

Pas, tengak-tengok blog, jadi inget, aku belum nulis kebahagiaan bisa tamasya bareng keluarga besar 'sumbergedong' ke pantai prigi, Watulimo-Trenggalek. [Very recomended beach]

Ayah loph son , in action.  Pantai Karanggongso, 5 km dr Prigi.
Ceritanya, si budhe Rina [kakaknya Ujank, misuaku saiank], pas liburan sekulah [Guru di Sidoarjo] jadi mudik deh ke Trenggalek bawa 3 kurcacinya, hehe, peace budhe.

Paling besar baru Al-Kindy TK B 5 tahun
yang kedua Al-Kahfi 3 tahun, belum sekulah,
dan paling kecil Arkaan 19 bulan.
Plus dalam kandungan, 3 bulan. hihihi

Yang jadi tetua jelas Mbah Uti sama Mbah kakung, which is ortunya Ujank Apri, misuaku. Karena hari Sabtu ya santai saja, pasti bisa. Enggak juga sih, gag bisa kalau lagi lembur demi negara. Alhamdulillah pas enggak. Berikutnya yang ngikut lagi adalah si Beryl, anak Mas bas [dulu ngekos di rumah ibuk mertua].

Dan tentu saja kami, Ujank dan aku serta jagoanku Abiy.

Dasar musim liburan, Prigi hari itu ramai bukan main, sampai kewalahan cari lahan parkir. Tapi tak apa, Alhamdulillah bisa melihat kebahagiaan di raut muka banyak orang.

It'me. O Gosh.. And my ABIY
Wah, keberangkatan yang minim persiapan dan rencana ini, lumayan pula hasilnya. Dengan lima anak kecil-kecil, cowok semua pula. Yang bebi-bebi riang hanya dengan main pasir. Sedangkan 3 lainnya main ombak sama Mbah Kung.

Abiy juga seneng lho main air sebentar, Seneng merasakan deburan ombak memerciki celananya. [kuangkat tubuhnya sediki biar ga terlalu basah]. Tapi takuut, kalau kena airnya kebanyakan. Ais deh. sebentar. Yang gedhe-gedhe ini juga kewalahan jagain si kecil. ada yang mau ini-itu, ribet, tapi lucu.........

Hanya Arka yg ga da, zibuk maen pasir
Berangkatnya udah siang, sekitar jam 11. Soalnya, adik mbahputriku meninggal, jadi melayat dulu. Sampai disana jam 12-an. Tapi sungguh beruntung, meskipun jam menunjuk di angka dua belas, tapi hawanya sejuk tidak panas. Tidak pula ada hujan.


Ga sempat foto bareng. Ada sih, tapi sama sekali ndak seni. Jelek. But, lumayanlah ada. Gimana mau foto. Ribet ngurusin anak2. Enggak papa, nanti taun depan dicoba lagi, foto bareng. InsyaAllah. Sebenarnya pingin ngajak ibuk, tapi beliaunya  zibuk banget.

Clodi, Beli Clodi Juga Akhirna

Percakapanku:
Aku   : Ayah, beli clodi ya, toh kita kan selalu beli dispo.. lagian saving d'earth
Ayah : Terserah kamu yank... Westalah, pokok'e wes tak serahne kamu soal ngono2 ki...
Aku   : Hurayyyy, mbuh pokok terserah aku...hehehe, tengil deh diriku

Weww, begitulah, dalam beberapa hal misuaku memang cuek.. Tapi ga masyala, dalam hal lain dia sangat care soal bebinya, contoh dia lebih rajin ngupasin apel, belimbing dan buah-buahan timbang aku. Energiku tak curahin buat mikir masakin Abiy, nyuapin, dan bermain.

Balik ke clodi. Cloth diaper. Si popok kain ajaib. hihi. [under construction, masi malez nulis pengertiannya]

Hmm, akhirnya pilihanku jatuh ke QQ minky bamboo en Coolababy PUL, sebenere pingin cluebebe cover, tapi banyak yang kehabisan stok. Itu juga karena budget terbatas, hehehe.. kalau ada rejeki pinginnya beli Blueberry and Roomparooz. Tapi GroBaby kayaknya asik juga tuh. Halah, merknya makin banyak ajah. Binun gua. Produsen disposable diaper ada ga yah yang bralih jadi produsen clodi ini. Hmmmm..

Proses menjatuhkan pilihan ini, boleh dibilang lama, setelah mencermati dan mengamati berbagai review mummy-mummy di berbagai belahan dunia. hehehehhehehhh. Dan aku membelinya di os clodi indonesia. Banyak juga ya yang jualan clodi. Tapi secara memang penduduk indonesia buanyax bangett nget, ya masi belum cukup lah, os clodi yang ada. Nyatanya banyak yang sold out.

Sedangkan offline, sepertinya memang engga ada ya, di kota besar aja enggak, palagi di desa2 seperti di Trenggalekku sayang ini, clodi malah sama sekali belum ada. Kok nggalek, lha di kediri saja juga belum ada. [berdasar pantauan my sista]. Maksudku yang offline.

Adanya celana sistem lampin, yang kuberi dia sebutan keren, celana JUMPEL.

Btw, ga sabar nunggu datangnya clodi ini. Eh tapi kan kualamatkan di Kediri [ngirit ongkir-alamat sistaQu]. Berarti mesti nunggu jadual maen kesana, which is next saturday. Yuhuuu..................

Tunggu ya reviewku. Trus mau ikutan kuis/kontes.
Doain yahhh............

Ibu Rumah Tangga

I'm not totally FTM, Full Time Mother. Sebenernya, sometimes kepingin juga merasakan FTM ini. Di rumah, sama anak, masak bareng, cuci bareng, trus makan bareng, trus bermain, belajar. Wow.. Agak siang dikit, anaknya dah klenger minta bubu, sementara ibu masak lagi or baca buku, belajar, siap-siap buat permainan sore hari.

Sungguh itu impian. Kenyataannya, itu belum bisa terjadi pada saya. Saya tinggal di rumah ibu saya. Alhamdulilllah suami tak keberatan. Enjoy aja [katanya]. Dia easy going sih.

Kenapa? karena beliau memang sudah sendiri, ayah meninggal 10 tahun lalu. Kalau maksain punya rumah sendiri juga, bingung. Nanti malah harus mikir 3 rumah. Rumah ibu, mertua dan rumah sendiri. Betul?

Selain itu, ada asisten pribadi. Ini saudara sendiri. Meskipun tidak mutlak harus ada aspri, tapi ini dalam rangka memberi pekerjaan. Untungnya, kesabarannya mengasuh anak, berada di atas rata-rata para babysitter. Jadilah ada 2 orang yang mengasuh Abiy. Tentu saja saya sangat terbantu, terutama kalau pas mau sholat.

Alhamdulillahnya juga, urusan masak, is totally my right. Hanya saya yang masak untuk anakqu. Dan bangganya saya, heh heh heh... selama ini Abiy sangat suka masakan saya, the sayur mayur.

Jumat, 23 Juli 2010

Loving d'coffee

Masih seri curhat.

Loving coffee?

Pasti donk. Berapa kali sehari?
Cukup satu kali di pagi hari. bagi saya, lebih mantab, terasa sedap.
Kopinya aku pilih instan aja. Indocafe is d'most fave one, but original nescafe is okey.Tidak terlalu suka yang creamee.. Terlalu manis. Yang pahit, lebih okey.

Gimana gitu rasanya kalau sudah ngopi. Kalau belum, ya cepet-cepet bikin.

Senengnya, Secangkir kopi tiap hari, atau ya dua cangkir bolehlah, akan membuat tubuh kita lebih sehat. Karena kopi merupakan sumber antioksidan pencegah penyakit nomor satu! [Dokter OZ]

Note that!
Dr. Oz, d'Oprah Show

Saya rasa juga, sobat semua sudah tahu betapa kopi juga mengandung kafein tinggi yang membuatnya tak baeklah disruput banyak-banyak.

So, yang sedang-sedang saja.

Here I Am

1 bulan sudah, tanganQ enggan sekali menarikan jemari diatas tuts hitam nan cantik ini. Enggan sekali. Tapi hari ini, kumulai. Ya, kumulai saja. Meski tak tahu mau menuliskan apa. Otakku sedang ngglambyar. Marah pada diri sendiri, yang belum mampu juga mengatasi pergulatan batin.

Mungkin sebaiknya aku tuliskan saja ya, kegalauan hati. Mungkin ada pembaca yang mau mengomentari, syukur kalau memberi saran, atau bahkan kritik. Yang terakhir ini, saya deg-degan juga telah mempersilakan kritikan untuk saya. Kalau ada beneran, pasti menyakitkan. hehehe.. Tapi tak apa, saya sangat butuh.

Begini sobat, masa remaja saya adalah remaja yang sangat aktif, lari kesana kemari, ekskul basket, Ketua Bidang Olahraga di OSIS, kegiatan mushola, kegiatan ini-itu. Dan sekarang, saya adalah ibu rumah tangga. Oh, ini pilihan saya sendiri. Ada beberapa teman yang menawarkan pekerjaan di kantornya. Tetapi saya tidak bisa. Panggilan hati saya adalah FOKUS menjadi GURU bagi anak saya. KOKI hebat untuknya.

Masalah saya, saya juga ingin berpenghasilan. Mandiri. BerDAYA. Saya harus jadi PENGUSAHA. Dengan demikian, saya harapkan waktunya bisa saya modifikasi. Ya sudah, buka saja tokonya, atau apapaun!

Memang ada kendala?

Modal?

Ah, itu klise. Usang.
Tak ada kendala itu, saya berani berhutang. Kendalanya adalah, saya bingung sendiri, bagaimana mengatur waktu memasak, membacakan dongeng, bermain dan belajar dengan ABIY-q. hehhee....

Saya akan kembali esok, saya coba bergerilya hunting lokasi sekarang. Tunggu ya cerita selanjutnya..........
Sobat akan jadi saksi kehebohan saya, atau malah ketololan saya. Semoga yang pertama..........

Jumat, 11 Juni 2010

Brokoli, Mantab GIZInya

Kriukk deh, kalau lagi makan brokoli. Soalnya kan memang dimasaknya dengan dikukus atau disup sebentar. Jadi masih berasa renyahnya. Nikmat-mantab lah...

Berhubung sekarang sekeluargaku ngikut apa yang dimakan Abiy, maka sayur pun hanya beli yang kira-kira Abiy mau. Berhubung brokoli adalah sayur sup [maksudnya biasa dipakai untuk bahan sup] ya sud, kita coba.

Masaknya sebentar, saya memotongnya dibagi dua. Satu kecil-kecil, biar mudah untuk Abiy telan, satunya lagi agak besar buat yang gedhe... Dan Abiy suka!

Seputar Brokoli
Wah, saya baru tahu nih moms, bahwa si brokoli ini masuk dalam kelompok kubis. Saya pikir kembar siam sama kembang kol saja. Fakta menariknya adalah adanya kandungan sulforaphane dan indoles dalam si brokoli yang mempunyai efek antikanker. Sulforaphane juga meningkatkan enzim yang mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan substansi yang bersifat karsinogenik lebih cepat dari tubuh. Selain itu, zat ini juga mampu mengurangi pertumbuhan sel dan kematian sel pada leukemia dan sel melanoma.

Sumber yang lainnya mengatakan brokoli mampu mencegah serangan jantung dan stroke, efek positif dari si sulforaphane juga. Zat ini menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Wow!

Ceritanya, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk.
Mineral penting seperti kalsium [lebih besar dibandingkan  segelas susu], potasium, kalium, besi dan selenium.
Zat lainnya adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flavonoid dan serat [lebih banyak daripada sepotong roti gandum].

Hebatnya lagi
Brokoli dapat meningkatkan daya kerja otak. Brokoli juga mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri semacam pikun akibat enzim acetylcholinesterase. Nah, brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah karena mengandung chromium untuk mengatur tingkat gula darah.

Kayaknya gizinya banyak banget yah.. bakal sering-sering nih. Cuma sayang, disini, didaerah saya, sulit mendapatkannya. Musti pesan ke dudenyaAbiy dari Kediri... ooughh.....

Rabu, 09 Juni 2010

Buncis, Kusuka


Buncis!

Sayur idaman banyak orang. Siapa sih tidak suka buncis [banyak,hehe]. Ayahnya Abiy saja juga tidak termehek-mehek. Makan hanya kalau diingatin, sayur-sayur...

Ratingnya sederhana. Bagi Abiy, sayuran ini akan dimakan tetapi tidak akan bisa banyak. Mungkin karena seratnya [disamping buah] susah hilang. Jadi memang agak susah dimakan bayi bergigi enam begini. Tapi karena, kandungan gizinya yang termasyur, tak ayal saya harus selalu sabar mengingatkan lidah si beibi untuk belajar mengunyahnya. Tujuan utamanya tentu supaya lambat laun bisa menikmati makan buncis. Syukur kalau bisa sukacita.

kandungan gizi buncis si polong per 100 gram berat, antara lain: 
protein 2.4 gr,
lemak 0.2 gr, 
karbohidrat 7.7 gr, 
kalsium 6.5 mg, dan
zat besi 1.1 mg.

Perlu diketahui juga, buncis dan kacang polong mengandung serat larut. Eits, serat larut adalah jenis yang sulit didapatkan. Kandungan serat dan enzim yang terdapat pada buncis konon  membantu mengatur fungsi pencernaan sehingga mencegah ambeien dan menurunkan berat badan. Makanya, sukailah buncis. Lagipula banyak makanan favorit yang dibuat dari buncis: sop buncis, tumis buncis, sop kacang polong, salad buncis dan kacang. Baik juga menambah buncis pada sop sayur dan salad.

Manfaatnya? sayur ini begitu kaya dengan protein dan vitamin yang spesial akan membantu menurunkan kolesterol [horee, bisa campur daging], mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah serta mengontrol insulin dan gula darah. 

Mengontrol gula darah? zipp!
Berarti bagus untuk menjaga tubuh dari diabetes. Juga bagi para penderitdanya.



Gambass, si Segaar Sedaap Antidiabetes

Satu lagi sayur yang dicintai beibiku di dunia ini. Adalah gambas. Begitu orang Trenggalek - Jatim menyebutnya. Biasa dimasak sayur bening bumbu laos atau lengkuas. Begitu pula aku. Tapi tak jarang, aku memasaknya dalam campuran sup. Untuk Abiy, karena gambas atau oyong sebutan lainnya, kulitnya kukupas bersih. Kalau tidak, akan terlalu keras bagi Abiy.

Sekali lagi bersyukur, banyak juga ternyata sayuran yang telah dicoba dan dicinta Abiy. Menilik tetanggaku, yang anaknya sudah lebih besar, batita, belum bisa suka sayur. Sedikit sekali. Sedang Abiy bisa menikmati sayur sebagai kudapan lezat. Kayak udah gedhe!


Karena sudah beberapa kali masak gambas untuk Abiy, mau tahu juga nih, soal kandungan gizinya. A Few Info...

Per 3 ons gambas terdapat 20 kalori dan 20 persen kebutuhan vitamin C saja. Jumlah yang lumayan. Pas dimakan saat musim batuk-pilek. Lebih dripada itu, gambas terkenal sebagai sayuran antidiabetes. Mengapa? karena gambas mengandung cucurbitasin. Kandungan senyawa cucurbitasin dalam biji gambas inilah yang berperan dalam menurunkan gula darah. Beragam penelitian memang membuktikan senyawa yang terkandung pada anggota famili Cucurbitaceae ini sebagai antidiabetes.

Tak hanya berkasiat bagi diabetes, gambas juga dapat menyembuhkan penyakit semisal, radang usus, asma,
obat cacingan, radang kelenjar telinga hingga meningkatkan air susu ibu. Hmm banyak juga.

Selamat nggambas deh........

Senin, 07 Juni 2010

Kecipir, Ndeso tapi Potensial

An underexploited tropical plant with promising economic value ! [U.S. National Academy of Sciences, 1975]. Itulah kecipir. Saat kecil, saya pribadi hampir tak pernah makan kecipir. Mungkin karena baunya yang kurang sedap.

Yang jelas kecipir di daerah saya, seringkali dijadikan komponen pecel dan urap. Selain itu seringpula dijadikan sayur lodeh atau bobor. Tapi kedua jenis masakan terakhir tidak direkomendasikan. Secara bersantan, kandungan kolesterolnya terlalu berlebih. Bisa-bisa tak sehat lagi.

Saat ini persepsi saya berubah total. Saya belum tahu nilai gizinya sampai berniat untuk menulis tentang kecipir.

Persepsi saya berubah! Kecipir itu sexy!
Lihat saja, panjang dan berbentuk segi empat dan ada ringgitnya. Semacam rumbai-rumbai. Alamak, mau menari di perutkah buah ini?

Dahsyatnya, protein umbinya yang dikandung mencapai (10,9 g). Hal ini berarti lima kali lebih tinggi dari kentang, gadung dan ubi jalar. Wow...

Mengenai gizi? per 100 gr polong muda kecipir mengandung vitamin A (340-595 SI), zat besi (0,2-12,0 mg), vitamin C (21-37 mg), serta vitamin dan mineral penting lain.  Kandungan protein dan minyak/lemak dalam kecipir ini sangat mirip dengan kandungan kedelai. Seru!

Dan jika moms mau, konsumsi biji kecipir tua justru lebih bagus lagi. Karena komposisi gizinya paling baik. Biasanya biji ini hanya digunakan untuk pembenihan. Protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral biji kecipir tua cukup tinggi dibanding polong muda, umbi, dan daunnya.


Tabel komposisi proksimat biji (%-b dari bagian yang bisa dimakan, diambil dari majarimagazine)

kandungan biji kecipir
Untuk Abiy my beibi, kecipir hanya dimasak dengan cara dikukus. Belum pernah coba cara lain. Lalu, kukusan cipir akan dilahap begitu saja olehnya. Bagaimana dengan ananda moms?

Bayam Sang Raja Sayuran

Ah masak iya, bayam Raja Sayuran?

Enggak tahu juga, kata orang-orang seh begitu. Nggak mau pusing soal ini. Yang penting bayam adalah one of fave food for Abiy. I Love U deh say. Pinter banget suka sayuran. Alhamdulillah, pasti karena rohmanNya. RohmanirrohimNya juga kalau dulu pas hamil, saya suka bilang ke ke calon bayiku : "De, nanti yang suka sayur ya, biar sehat, kuat, cerdas dan tetep sholeh..........". Mungkin dia jawab gini yah, "iya momi, beres!". Hihihihi

Gara-gara bayam si Popeye ini, aku terpengaruh secara positif [hehe] untuk membuat beibiku Abiy, cinta ma bayam. Pucuk di Cinta, Ulam pun Tiba. Tak hanya Abiy yang akhirnya demeeen banget kukasih bayam [mungkin karena rasanya segar plus daunnya lembuuth banget], tetapi juga si bayam ini dengan senang hati tumbuh begitu saja di halaman belakang rumah. Tanpa kuminta. maksudnya?

Yupp! Dia tumbuh sendiri, mungkin oleh angin yang membawa pesan dari Sang Pencipta. Dan kini tak hanya di belakamg rumah saja, dia menggurita, ke halaman depan, samping. Dia tumbuh semena-mena. Merasa bagai tanaman cantik, dia menyembul diantara euphorbia dan anthuriumku. hahaha... But, love it!


Lalu bagaimana kandungan gizi bayam? Menurut dr Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam terkandung tenaga sebesar 21,0 kcal, air 92,9 gr, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 2,7 gr, serabut 0,7 gr, abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg, besi 3,8 mg, natrium 131,0 mg, kalium 385,0 mg, betakaroten 4080,0 ug, vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg, niacin 0,7 mg, dan vitamin C 76,7 mg.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi ini, jadilah bayam sering disebut sebagai “King of Vegetables” atau “Raja Sayuran“. Wow.. And Thanks 2 Allah 4 d'spinach in my house...

Lalu-lalu, khasiatnya apa?
let's check :
  • Anda lesu, tidak bergairah, kurang darah? makan bayam
  • kelebihan kolesterol, terkena eksim, asma, sariawan? makan bayam
  • perawatan kulit? pakai bayam
  • seratnya tinggi, tentu bags untuk pencernaan kita
Hanya, bayam punya kelemahan, yaitu pada proses pengolahannya. Kita tidak bisa memasak sayur bayam dengan panci aluminium, karena akan menjadikannya beracun, akibat bereaksi dengan zat besi yang dikandung bayam. Oh no! Perlakuannya kudu istimewa. Manja nih sayur ya...

Selain itu, sayur bayam kalau sayur bayam tak bisa lagi dinikmati jika telah lewat lima jam sejak dimasak. Seperti sayuran lain, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama di atas api karena hal itu menyebabkan gizi pada bayam banyak terbuang, bahkan bayam akan terasa pahit. Dan mengapa bayam tak boleh dikonsumsi lebih dari lima jam? karena bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia

Dan yang harus diperhatikan adalah bayam kurang baik bagi mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Mengapa? karena kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Catatannya :
bayam bagus untuk bayi yang masih dalam pertumbuhan. Tetapi biasakan minum air putih yang banyak untuk melarutkan purinnya. Sehingga meminimalisir kemungkinan terjadi asam urat saat dewasa.

Kacang Panjang [jadi Kacang Pendek]

Kacang Panjang. Entah mengapa, Beibiku suka sekali menggerogoti si kacang panjang kukus atau yang dalam sayur. Sejak ia berusia tujuh bulan, ayahnya UjankQ, sering menggenggamkan kacang panjang pada Abiy. Biar tangannya sibuk, pikir si Ayah. Ternyata, efek ke depannya sangat positif, Abiy akan mengulurkan tangannya meminta, jika ia lihat kacang panjang di rumah.

Sayuran yang langsing ini ternyata banyak juga manfaatnya. Secara Abiy  beibiku sangat suka, saya jadi merasa berkepentingan untuk mengurai aneka kandungan gizi dan manfaat si kacang panjang ini. 


Wah-wah, sebagai keluarga dari kacang-kacangan, kacang panjang memiliki nilai gizi yang sangat baik. Baguzz! Setiap 100 gramnya, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1. Lembayung, alias daun kacang panjang yang juga sangat enak rasanya bahkan memiliki kandungan zat gizi yang tak kalah baiknya. Tapi soal lembayung, belum dicobakan untuk si Abiy.


Gizinya banyak, manfaatnya tentu banyak pula donk. Apa saja ya kira-kira? Saya menemukannya paling lengkap disini. Karena mengandung betakaroten, vitamin B1 dan B, klorofil, serat serta pektin, kacang panjang ini penting untuk menjaga kandungan gula dalam darah. [Biar enggak diabetes, asikk]. Bisa juga lho mengatasi hipertensi, memperkecil resiko terkena stroke [termasuk serangan jantung lain ya donk]. Seratnya meningkatkan fungsi organ pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Mencegah serangan kanker dan juga bersifat diuretic alias peluruh kencing tingkat sedang. Wew.. 
Khasiatnya hampir sama ya dengan sayuran lainnya. Hmm, sepertinya Tuhan kita memang sudah menciptakan dunia ini begitu sempurna. Manusia dengan sifat mudah bosan dan ragam kehidupan [baca : makanan] didalamnya. [hehehehe]..

Sepertinya masih banyak khasiat lainnya. Kacang panjang ini juga biasa digunakan sebagai bahan jamu-jamuan. tapi maaf, saya tidak bisa membahasnya. [belum berminat]. 
Kacang panjang, menurut saya, paling enak dibuat pecel [kukus], urap, sayur bening, tumis, orak-arik, sayur asam [semua versi saya sendiri]. Bahkan kadang-kadang saya sup. hehehe...........



Minggu, 06 Juni 2010

Wortel, Nyam-nyam

Wah, kalo sayuran oranye yang satu ini memang kegemaran semua orang yah... Jai enggak heran kalau si Abiy juga suka banget dengan wortel. Alhamdulillah... Vitamin A-nya itu lho... dari penampakan buah [atau sayur] ini aja juga sudah memperliatkan dia memang baik untuk si mata.

Abiy suka mengunyah wortel, baik mentah apalagi matang [lebih empuk]. Wortel ini sudah menjadi santapan wajib minimal 2 hari sekali. Kan perlu juga ganti makanan lain. Variasi donk!

Penasaran juga kandungan wortel ini. Apalagi ya kelebihannya...


Dan ya, yang mencengangkan adalah, beta-karoten dari wortel mampu menyelamatkan para perokok aktif atau pun pasif dari ancaman racun asap rokok [saya nih, kakeknya Abiy adalah perokok, tapi kami tidak tinggal bersama]. Itulah mengapa, tak semua perokok kena penyakit paru-paru. Coba cek disini. Alhamdulillah. Jadi makin cintaaaaa sama wortel.

Kandungan Gizi si wortel yang menyukai tanah gembur dan subur ini apa saja ya? tentunya vitamin A, yang ternyata memang tinggi, yaitu sebesar 12000 SI. Kandungan zat lainnya yang terdapat dalam wortel diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, Beta karoten, besi, vitamin B 1, dan vitamin C.

Oke deh, lalu khasiatnya?? hmm kandungan karoten dan vitamin A pada wortel sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. [yah, tentang ini semua sudah pada tahulah. Tetapi tak hanya untuk mata, kandungan Beta karotennya juga dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. 

Sementara kandungan antioksidan karoten yang tinggi dapat memerangi efek polusi. Wortel juga terbukti baik untuk mengatasi kejang jantung, eksim dan cacing kremi. Luka dalam mulut, napas tidak sedap, gusi berdarah dan sariawan bahkan bisa disembuhkan dengan mengunyah daun wortel.  

Bahkan, wortel bisa juga nih,  mengatasi nyeri haid, caranya 250 gram wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
 
Mengatasi sembelit dengan 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minumlah sari wortel tersebut 2 kali sehari.
 
Menghaluskan wajah, ambil saja 2 - 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air.
 
Mengatasi hipertensi. Untuk yang ini ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
 
Mengatasi demam pada anak, bisa juga. Cukup dengan 200 gr wortel bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
 
Mengatasi luka bakar dengan menumbuk hingga halus wortel dan mengoleskannya pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
 
Menyembuhkan batuk. Bagus ini untuk Abiy saat batuk Kan alami. Juga anak moms semua. Caranya, ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari. (OL-08). Coba cek aja disini.

Untuk Abiy sayank, saya biasa memasaknya sebagai bahan sup, tumis, orak-arik, omelet, lalapan. Apalagi ya, enaknya diapain moms?? bagi resep donk....

Sabtu, 05 Juni 2010

Abiy Sayank Labu Siam

Bagi orang Jawa Timur, Labu Siam ini lebih dikenal dengan nama Manisa. Orang Trenggalek menyebutnya Gondes. Biasanya dipotong panjang-panjang macam korek api. Ketika kecil, ibuku jarang memasak sayur ini. Itulah kenapa, awalnya saya kurang begitu kenal dengan Manisa. Kuliah, baru 'ngeh' dengan keberadaannya.

Ketika, mamiku memasaknya sebagai bahan sayur asam, kucoba berikan sama Abiy. Dan Happ! Habis terlahab!

Seneeeng, kalau lihat Abiy bisa suka makan sayur. Makin bertambah deh, sayur favoritnya. Karena itu, sekarang Labu ini termasuk yang sering kumasak untuknya.

Ngomong-ngomong, gizi Labu Siam seperti apa ya...
Ternyata kadar serat didalam buah ini bagus lho, 1.7 g per 100 g. Konsumsi serat cukup tentu baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Lagipula, serat pangan kan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam
Komposisi gizi              Kadar
Energi (kkal)                17
Protein (g)                    0,82
Lemak (g)                    0,13
Karbohidrat (g)            3,9
Serat (g)                       1,7
Gula (g)                        1,85
Kalsium (mg)               17
Besi (mg)                      0,34
Magnesium (mg)          12
Fosfor (mg)                 18
Kalium (mg)              125
Natrium (mg)                2
Seng (mg)                     0,74
Tembaga (mg)              0,12
Mangan (mg)                0,19
Selenium (mg)               0,2
Vitamin C                     7,7
Tiamin (mg)                  0,03
Riboflavin (mg)             0,03
Niacin (mg)                  0,47
Vitamin B6 (mg)           0,08
Folat (mkg)                 93
Vitamin E (mkg)            0,12
Vitamin K (mkg)            4,6

Konsumsi labu siam 100gr/hari dapat menghindarkan tubuh dari kanker, kebutuhan asam folat untuk otak yang cerdas, menurunkan kolesterol, dan mencegah hipertensi.

Sumber : CBN Portal

Sabtu, 29 Mei 2010

Bayiku Terjungkal Lagi, Oh No..

Shock! Traumanya masih terasa sampai sekarang. Pening, Nyut-nyut. Hati resah gelisah bin gundah gulana. My Lovely Baby was fell again. Oh My God...

Panic? sudah pasti. Padahal aku bisanya cukup cuek [baca : tenang] menghadapi tingkah polah anakqu termasuk ketika ia jatuh, kejedug [terbentur]. Tapi kejadian semalam benar-benar menakutkan. Abiy jatuh dari bantalan tangan kursi, which is 0,6 m from d'floor. dan nunjep, dahinya duluan. Duh, takut sekai. Jangan-jangan. Hmm engga diterusin jangan-jangannya.

Sekarang ini masih dalam tahap observasi pada si Abiy. Semoga tidak ada fraktur dan semacamnya. Oh Please.. Dari gejala yang sudah tampak, ya, dahimya memang benjol besar. Berwarna kebiru-biruan. Tapi anaknya tidak kesakitan [ Abiy memang jarang menangis ketika jatuh]. Setelah jatuh, menangis cukup lama, tapi tidak terlalu lama juga sih. Sudah bisa tertawa lagi [penampakan wajah normal] ketika kuajak bernyanyi cicak di dinding. Tangannya juga sudah nunjuk ini-itu. Matanya bisa melirik kanan-kiri sambil cari cicak. Habis itu sudah berani manjat-manjat kursi lagi. [Yah, ndak kapok! dad en momnya banget].

Dahinya kuolesi dengan trombopop [ga promosi lhoh]. Bayar aku donk Trom!!! Selain itu sebelumnya pake minyak tawon. Lha baru punya itu [yang ini adalah Must Have di keluargaku]. Begitu jatuh langsung nge-net cari obatnya dahi kejedug. Di berbagai forum, disebut itu ya wes langsung nyamber kunci motor. Alhamdulillah apotek dekat.

Tangan, kaki, seluruh tubuh juga sudah dicek, dicoba digerakkan. Tidak apa-apa. Bengong dia [babyQ malah]. Seluruh kepala juga kuraba. Pokoknya benar-benar dipastikan si 1 tahunQ ini hanya benjol keningnya.

Yah, saat ini wahai para mommy, Abiy memang sedang seneng-senengnya berjalan kesana kemari [baru bisa 2 minggu ini dan makin ahli, sudah bisa samapi 7 meter]. Alhamdulillah. Lucunya, Abiy juga sudah pinter jalan berbelok arah, putar balik, berhenti, duduk dan berdiri kembali. Hehe. Emang dia kebalik-balik sih. Bisa jalan dulu, baru bisa berdiri sendiri. Biasanya musti berdiri dengan berpegangan pintu, kusri atau apalah.

Sekarang waktunya berdoa, semoga tidak kenapa-napa. Aaamiiin...

Jumat, 21 Mei 2010

Delicious Food for Abiy's Brains

Pufff, dari belajar kesana kemari, gosip sana sini, baca ini dan itu, aku coba praktekkan ilmunya untuk menyokong kecerdasan otak abiy. Hmm bahasa yang aneh ya, kayak malay-an. Tepatnya, makanan super penting untuk mencerdaskan otaknya Abiy. Siapa hayoo ndak mau anaknya jadi cerdas? And hopefully abiy won't only be a smart and keen-witted boy but also d'pious one. Aamiin.....

Nah, saya mau cerita nih sekarang, makanannya si otak [otak semua manusia di dunia sama paling demen sama makanan-makanan ini nanti, tapi biar kutambahkan sekalian mana-mana yang Abiy favoritkan, biar nanti moms semua tahu mau kasi kado apa yang bisa nyenengin Abiy, hehehehe]

Secara otak adalah organ tubuh paling ga bisa nahan lapar. Selain ituh, otak juga yang pertama kali akan menyerap nutrisi dalam makanan, ini seperti yang diomongin Bethany Thayer, MS, RD, ahli nutrisi dari Detroit dan juru bicara the American Dietetic Association (ADA). Webnya ada di eatrightdotcom. Mampir dek kesana.

Terutama sekali otak bakal kegirangan kalau dikasih :
  1. Salmon. But hihixxx, huhuhu.. Nangislah ai, macam mana pula disini tak adalah itu salmon. Dimana pula awak nak cari. Moga-moga nanti di Kediri ada. Saya tinggal di kota kecil sekali. Ikan mahal seperti salmon kok belum pernah dengar beredar disini yah... Tapi kenapa salmon? yupp, karena salmon adalah ikan berlemak asam yang kaya DHA omega 3 dan EPA [penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak]. Dan berdasarkan penelitian, orang dengan konsumsi asam lemak lebih banyak, terbukti berotak lebih tajam. Selain itu, mampu lulus tes mental lebih bak. Wow!
  2. Ikan Tuna. Horeeee, yang ini ada. Abiy sukaaa. Dikukus juga suka, dan itulah yang lebih sehat. Alhamdulillah. Dengan dikukus, steam, atau panggang [tidak terkena api langsung], minyak ikan tetap ada [kalau digoreng, larutlah minyak ikan itu dalam minyak goreng, masak mau makan minyak gorengnya juga]. Tapi ikan tuna ini kurang berlemak, jadi tidak sebagus salmon.
  3. Yang murmer telur. Nah ini abiy kurang suka. Tapi sekali-kali mau. Sebenarnya disarankan lho, sarapan pagi dengan sebutir telur tiap hari. Putih telurnya kaya dengan choline yang baik untuk perkembangan memori. Tapi jangan banyak-banyak, kuning telurnya meski bermanfaat untuk kesehatan mata [mencegah kebutaan] namun penuh kolesterol [yang jika terlalu banyak akan menjadi plak dalam saraf, dan berpotensi menghambat aliran darah].
  4. Kacang tanah dan selai kacang [kacang disangrai then blend it]. Wow ini dia yang enak dan kaya vitamin E, antioksidan untuk perlindungan sistem saraf yang optimal, serta kaya thiamin. Thiamin ini perlunya untuk mengubah glukosa menjadi energi.
  5. Beras dan biji-bijian. Biji beneran ding, hihi. Kalau ini sih ya makanan pokok orang Jawa. Tiap makan ya pasti pakai ini to. Ada apa ya dengan beras? hmm pastinya karena glukosanya, kan otak perlu glukosa untuk mikir. Beras juga mengandung  vitamin B, manfaatnya untuk menyehatkan sistem saraf. Jangan lupa konsumsi serat untuk membantu pelepasan glukosa kedalam tubuh.
  6. Tepung gandum, ini belum dicoba, kecuali lewat sariroti gandum. Tapi carinya susah disini, di Indomaret aja nggak ada lho. Bersyukurlah wahai yang mudah menemukan gandum. hehe. Padahal, jaman bahula, ibu saya makan gandum hasil kebun sendiri. Tapi dulu dianggap makanan murahan dan tidak ada gizinya [hanya karena rasanya yang cebleh]. Dikonsumsi dalam bentuk sereal panas, gandum akan menyediakan bahan bakar energi yang bagus untuk anak-anak kita dipagi hari. Gandum juga kaya serat, sumber vit E, B, seng dan potasium [inget mercon, hihi] untuk fungsi otak maksimal.
  7. Semua buah berry2an. Strawberry, Blueberry, Blackberry, cherrys. Huhu, ini Abiy belum suka, masih terlalu kecut mungkin ya? Pilih yang paling gelap, makin gelap makin banyak nutrisinya. Antioksidannya banyak. Bisa banget untuk mencegah kanker. Juga banyak vitamin C, antipilek donk ya.... Dan ternyata, bijinya adalah sumber omega 3 [blender aja biar kemakan]. Sedang ekstrak buah berry bisa mempertajam ingatan. Love berry, mmuach........
  8. Kacang2an untuk makan siang. [kacang beneran ding, such as kacang panjang, kacang merah, buncis, dll]. And d'good news is Abiy love all of beans. Hurayyy. Protein, karbohidrat kompleks, mineral, serat dan aneka vitamin, semua ada didalamnya. Cihuyyy murmer. Makan di siang hari agar daya tahan otak dan tubuh maksimal.
  9. Sayur Berwarna Kuat. Yang ijoo banget, atau oranye banget. hehe. ketahuan neh, wong ndeso. Abiy loves spinach, carrots, chayote squash, mustard greens,curly lettuce, kale, and all of vege. Alhamdulillah. Secara ini kan sumber antioksidan terbaik dan penjaga otak sehat dan kuwat. kekkkekkk....
  10. Susu. hurayyy my asi [breast milk] is still trickling down swiftly, although it's no longer looked bonny [hihi]. Tapi maksud disini susu sapi dan olahannya, diatas 2 tahun nanti kan sudah tidak asi. Pasti udah pada tau semua, susu sapi [& mamalia lain] penuh protein dan vit B yang penting banget untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Soal susu, Abiy sekarang udah konsumsi susu UHT  Plain untuk selingan ASI dan MPASI. Dia suka sekali lho..
  11. Daging Sapi tanpa Lemak, Sumber Zat Besi dan Seng. eh Abiy suka banget daging sapi. Aku suka bikin sup iga sapi dengan bumbu alakadar aja. Not to tasty first.. Lagian modal bawang putih aja udah nikmat kok buat dia [ngirit juga, hahaha].
NB: yang diBold adalah yang udah dikonsumsi Abiy sehari-hari dan yang nyata-nyata dia suka. Mungkin kalau udah bisa ngomong, dia bkal bilang. Uhhhmmm nyam enak bangets....mam........

Rabu, 19 Mei 2010

one More about Diare

Abiy is my first son. Happy with his presence of course. Because it is the first child, of course, still very minimal experience. So many thing hat need to be learned. How else? 
But this, surely become an exciting new adventure. Bathing, breastfeeding, lull, and also take care when he fell ill. Everything is new and exciting things. Of course when my baby was sick, my tears loose [don't get caught people around, it's embarassing. hehe]

Caring for children, also reminded me of my mother's struggle. It must be more severe. once a technology has not advanced as it is now. Moreover my father had an accident. he broke his leg. Consequently, my mom must care for two, father and me, ough also my sister who is also still a little girl. 

But, that's not what would I tell. Diarrhea. Yes, about diarrhea.

Under 9 month, abiy my boy, often infected with diarrhea. Because he loved to put all the stuff into his mouth. I watched, but also occasionally careless. Im sorry boy. Initially I was stressed out, find my son diarrhea and diarrhea again. Next, I began to realize, it is difficult to prevent diarrhea by prohibited stuff into the mouth. I finally chose to learn. Learn how to cope mild diarrhea.

Prevention and Treatment

The prevention might do is keep the environment clean. Toys, bed, all room, infant feeding equipment, and many other. Also keep my hand hygiene.

Treatments, make sure baby is getting enough fluid intake. Because I'm still breastfeeding, I give him a lot breast milk. And I need to give him ORS or sugar and salt solution too. And you know, pocari sweat can also be used, to replace ORS.

What to avoid?
  • not to use drug to stanch bleeding diarrhea. Because it is a body defense mechanism to remove the disease. 
  • also avoid fibrous food such as vegetables and fruit.  
If the child's fever, do the handling only on his fever. 
What is diarrhea? 
it is a symptom of disease which caused by bacteria or viruses, such as enterocoli, shigella and salmonella. It is rotavirus groups.  

It transmitted through contaminated food bacteria or viruses, hands and dirty toys and other that goes into the mouth. The impact of diarrhea can cause respiratory illnesses (upper respiratory infection), even lead in dehydration and death. 

-------------------------

Abiy adalah anak pertamaku. Seneeeng banget dengan kehadiran, of course. Karena anak pertama, tentu saja, pengalaman masih sangat minim. Jadi banyak hal yang perlu dipelajari. Bagaimana tidak?

Ini tentang merawat Abiy, bagiku adalah petualangan baru yang menarik. Mandiin, menyusui, menidurkan, dan juga menjaga ketika jatuh sakit. Ough... Semuanya hal baru dan menarik. Tentu saja ketika bayi saya sakit, air mataku [jangan sampe ketahuan orang sekitar, memalukan. hehe]
Merawat abiy, juga mengingatkanku pada perjuangan ibu. Mungkin lebih berat ya. Teknologi dulu kan belum semaju sekarang. Selain itu bapak kecelakaan. Kakinya patah. Ibu kan jadi merawat dua orang, ayah dan aku. Ough juga kakakkusih, sama masih kecil.
 
Tapi, itu bukan ini yang mau kuceritakan. Tapi diare. Ya, tentang diare.
Usia kurang dari 9 bulan, Abiy anakku, sering terinfeksi diare. Karena dia suka memasukkan semua barang-barang  kemulutnya. Bukannya tidak mengawasi, tetapi kadang-kadang lengah juga.
Awalnya seh stres, diare lagi, diare lagi. Selanjutnya, aku mulai sadar, sulitlah pasti mencegah diare apalagi kalau melarang abiy memasukkan sesuatu kemulut. Piye carane? Aku akhirnya memilih untuk belajar. Belajar bagaimana cara mengatasi diare ringan.
 
Pencegahan dan Pengobatan
Pencegahannya dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Mainan, tempat tidur, ruangan, peralatan makan bayi, dan lainnya. Juga menjaga kebersihan tangan saya.
Perawatan. Pastikan bayi cukup mendapatkan asupan cairan. Karena aku masih menyusui, sering-sering aja disusui. Kugunakan pocari sweat untuk menggantikan oralit.
Apa yang harus dihindari?
  • Jangan gunakan obat untuk menghentikan diare. Karena diare merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menghilangkan penyakit.
  • Juga  hindari makanan berserat seperti sayur dan buah.
Jika demam anak, lakukan penanganan hanya pada demamnya.
Apa itu diare? adalah suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, seperti enterocoli, shigella dan salmonella. bakteri ini  merupakan kelompok rotavirus.
 
Diare terjadi melalui makanan yang tercemar bakteri atau virus, tangan dan mainan kotor dan lainnya yang masuk ke mulut. Dampak diare dapat menyebabkan penyakit pernafasan (infeksi saluran pernafasan atas), bahkan memimpin dalam dehidrasi dan kematian.
 


Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL