Rabu, 17 Februari 2010

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir.........

Hmm.... sedang inget saat2 masih hamil 8 bulanan. saat itulah, saat2 aku memulai perburuan akan kebutuhan utama munculnya manusia penting baru yang akan segera muncul saat itu, yang mana yang sedang kukandung... hehehe mbulet. 2 d'point aja deh....

catet ya mam daftarnya...:
  1. Popok, minimal 2,5 lusin = 30 buah. sebaiknya kain kaos aja. lebih nyaman. dan yang tipis aja, biar mudah kering. Kalo mam cuci2 sendiri, lebih baik sedia 3,5 lusin. tetap lebih hemat daripada sedia diapers. lagian lembab, kurang baik buat si mungil.
  2. Baju atasan minimal 10 buah. Mending yang bukaan depan. weits,mesin cuci kali... ;)
  3. Kaos dalam 8 buah. Siapin skalian. Kepakenya kalo beibi udah umur 1 bulan.
  4. Jaket kecil 1. Yang bukaan depan ya...
  5. Celana pendek 1 lusin. dipakenya emang kalo si beibi udah 1 bulan. Tapi skalian beli aja. Secara mam, kita bakal repot banget ngurusin beibi. Males kan musti blanja-blanji lagi.
  6. Bedong/selimut, minimal 12 buah. Kalo Abiy jarang dibedong, hanya diselimuti, biar bisa bergerak dengan mudah. Tangannya kan udah dikaosin, jadi ga akan mencakar-cakur tubuhnya. Sssttt, gosipnya bayi suka dibedong agar kakinya bisa lurus. Iih,ga bener banget tuh. Asal deh ih..
  7. Perlak 2 buah. Agar bisa rutin dibersihkan dan ada gantinya. Tapi ketika Abiy dah mulai tidur berputar-putar + 1 perlak 2 meter-an.
  8. Kerobong bayi 1 buah. Cari yang cukup besar dan tidak mudah nutup lagi ya..
  9. Bantal tipis banget 1 buah. Inget yang tipis banget, nti kalo ketebelen, lehernya ketekuk, jadi susyeh napasnya. kacian mam. Sebenernya gpp kalo dibantalin aja pake selimut dilipet.
  10. Grito 6 buah. (ndak mutlak seh) Abiy punya 6,tapi jarang dipake, secara sebenarnya kurang bagus juga untuk perkembangan paru2nya.....
  11. Kaos tangan dan kaos kaki bayi @ 1o buah. untuk yang ini pilih yang ada karetnya, biar ga gampang lepaz eui.. jangan yang ban kaos. Khususnya kaos tangan, guna banget loh. Secara ya, beibi kita punya refleks, tangannya akan bergerak-gerak mencakar-cakar wajahnya. Beli ini ya.........
  12. Topi bayi 1 buah. carinya yang bahan kaos, lembut dan nyaman.
  13. Jarik gendong 3 buah. Hari gini pake jarik? eh kan dah ada yang lutchu2x motifnya. Tetep musti punya, lebih praktis ketimbang baby carrier.
  14. Handuk besaaar minimal 3 buah. Lebih boleh. Beibi kita neh mam, perilakunya ya...pipis habis mandi. Jadi basah lagi, basah lagi handuknya......
  15. Washlap 2 buah. Untuk mengelap beibi, kalo lagi nggak dimandiin.
  16. Tisu bassah 3 pak. Beibi kita akan sering pup dan pipis.. tapi kalo asi exclusif jarang pupna......... daripada bawa2 air panas. ga praktis ah........ muncrat2 juga nti malah kotor kemana2.
  17. Sabun bayi 2in1, top to toe wash yang cair itu lho... Nah lho,ketauan kan merknya. Kalo cair, lebih mudah, tidak pedih dimata. Tapi merk terserah mam aja......
  18. Gunting kecil 1 buah. Mam, tau ga se.. ternyata si beibi kita, kukunya liat. Sulit kalau dipotong pake gunting kuku biasa, salah2 bisa sobek. Pake gunting lebih mudah.
  19. Minyak telon 2 buah. biar si imut tetep angett.
  20. Sisir rambut. tapi beibiku ndak butuh, kan takada rambutnya,hihihi... Tapi gpp,buat ngrangsang pertumbuhan si rambut.
  21. Nti disambung deh........ Silakan donk kalo mau ditambahin

Moga2 guna yach..............

Alpukat, Makan Pagi pun Lahap

Duuduu...... nyenengin banget emang si Ab (baca: Abiy) anakqu ne.. maemnya tu lho... lahap minta ampyun. belum selesai nyendok atu dah haa haa lagi. Maksudnya dah minta suap lagi. hihi..
Terutama tuh,kalo sarapan pagi dengan menu spesial avocado fresh fruit. Ya Allah pake dienglish2in sgala. kekkekk.. (tapi, Ab, doyan sama sgala jenis makanan. termasuk sayur2an seperti bayam raja yang dtanam di halaman belakang. Wortel, kentang, buncis, kc.panjang,deelel deh. Alhamdulillah. )

Back 2 d'avocado. Secara avocado tu buah yang mengandung lemak tapi yang tak jenuh itu, pastinya bagus2 aja donk buat si beibi. Tapi ne nyuapinnya ga pake gula ya, yang mana mengandung glukosa tinggi.. Ga bagus ah! ntar gigis. Kasian.. Lagiankan udah manis rasanya. makanya pilih apukat mentega, rasanya udah manis abis, plus engga banyak seratnya.. So buat ab, apukat cukup dikerok aja lalu suapin dech.. ntar juga lumer sendiri. "hmm nyammii nyam mam...", gitu kali ya pikir si beibi.
hihi... Gemesnya liat dia maem, pake pose enak, nikmat, merem2 gitu, terus cekikak-cekikik or mesam-mesem... Duh bayi 9 bulanku.

Hmm coba kita liat lebih jauuuuuuuuh tentang lovely avocado kita..
woow ternyata si buah avocado ne punya nama latin Persea americana yakni tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Asalnya dari Meksiko dan Amrik tengah lo. tapi, kayak'e di Indonesia udah banyak banget yach. Kalo untuk Ab seh, secara tinggal di kotapenuhbukit Trenggalek, ya qbeli apukat Bendungan, Trenggalek.

Buah apukat ini juga termasuk buah yang istiiiimewa buanget nget lo. hehe.. (ini nih,wong jowo asli). Knapa istimewa? karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Apaa lemak? heii,Du not worry mama..

Coz jenis lemak yang dikandung apukat termasuk asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. untuk menangkal radikal bebas neh. Hmm dan polisi??34!!
Polusi ding..hehe peace........

Lemak apukat ini bakal membantu nurunin kadar “kolesterol jahat” LDL sambil menaikkan “kolesterol Baik” HDL, sehingga secara nyata menekan risiko stroke dan serangan jantung. Gampang dicerna dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemaknya juga bisalah nambah energi yang cukup tinggi ketika dimaem. Hmm, makanya kok berasa gurih banget en super duper lezat juga ndak pait. Ya to? Selain ntu, this is very good untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf manusia, termasuk kita dan beibi. jadi maemnya bisa joinan,hihihi...........

Berikut kandungan nutrisi dalam satu buah apukat ya mama....... :
  • 95 mg fosfor
  • 23 mg kalsium
  • 1,4 mg zat besi, ini membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. say wuoooow.........
  • 9mg sodium
  • 1,3mg potasium, yang ini baguz untuk menjaga tekanan darah, walhasil dapat memperkuat fungsi jantung.
  • 8,6 mg niacin
  • 660 I.U. Vitamin A
  • 82 mg Vitamin C
Mam, apukat juga kaya mineral which is baguz untuk mengatur fungsi tubuh dan merangsang tumbuh kembang beibi kita. Buah apukat juga nyuplai Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kulit dan rambut sehat donk? Yo'i..
Apukat tu juga kaya serat selulose, jadi secara simultan membantu proses pencernaan. Buah apukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.
(Ga ada alesan kan, ga berani kasi apukat buat beibi! hehe......)

Jadi dapat disimpulkan manfaat buah alpukat bagi kesehatan adalah :
  1. Sumber Vitamin E dan B
  2. Menurunkan kolesterol darah
  3. Melembabkan kulit
  4. Membantu regenerasi darah merah
  5. Mencegah anemia
  6. Mencegah konstipasi
  7. Mencegah malnutrisi
  8. Sumber kandungan lemak tak jenuh (sumber sportindo)
Buah ini boleh lo, untuk MPASI bayi mulai dari 6 bulan. Recomended malah.........

Selasa, 16 Februari 2010

im happy im a mom

menjadi mama ternyata sangat menyenangkan... sebuah rasa yang tak terbayangkan sebelumnya. Plus sesekali perasaan gundah hinggap merayap, ketika buah hati dilanda sakit. Seringan apapun sakitnya, katakanlah hanya susah makan. sampai ketika harus menyuapkan racikan obat ke mulut mungilnya. Ah....

Sudah 9 bulan rupanya aku telah menjadi emak. (Well, emak adalah mama, bahasa kerennya gitu). Syukur Alhamdulillah anakqu sehat, bulat, hihihi emang bola??
Farros Abiy Maulana. Qupanggil dia, Abiy. harapan kami seh, Abiy jadi anak yang kuat kepribadiannya, berkarakterlah engga plin plan. Juga cerdas, mau jadi apa seh nak? wualah,masih jaoooh... apalah yang penting bermanfaat bagi semesta alam... itu doa mami sayang. dan Maulana, kepengennya Abiy nanti bisa jadi pemimpin yang baik, terutama neh memimpin diri sendiri, berikut keluarga, lingkungan erter, erwe, kabupaten, negara....heheh koq jadi meluas dan melebar!

tiap hari kerjaanku bermain, bermain, bermain dengan Abiyqu.. loh nggak ngantor to? hehehe,itu dia! Sedari awal memang aku cita-citain banget mengasuh sendiri beibiqu. Ada seh teman pengasuh yang sabar bangetz ma bamutq, bayi imut. Tapi btapa beruntungnya aku,beliaunya,ngga berani mandiin beibiku. Walhasil tidak seorangpun yang mengganggu kesenanganku mandiin beibih.. wakkakkaakk....... it's fun,u know...........

hmmm,kcipak-kecipuk,byurrr,basahlah bareng2... biar bayi, abiy paling hobi mandi... mmm,asikk banget jadi mami...
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL