Selasa, 16 Maret 2010

Ibu Menyusui Pilek, Pake Obat Herbal Aja

Duh aku pilek. Payah! Masak dah bangkotan kaya gini malah ketularan si kecil. Duuh.. hihihhi mengeluh, ga jadi de.. sembuh…sembuh…sembuh.


Pilek umumnya akibat virus2 menyerbu bodi kita, buanyak banget virus beterbangan yg mencetuskan pilek inih.. 200 lebih deh macemnya. Pilek, sapapun juga tau gampang menular. Bikin bete yg teserang. Contona lewat bersin ato ludah yg masuk saluran nafas. Kalo masi beibi,kasian banget. Ni,anakqu lagi bapil, batuk pilek. Untungnya sama sekali ga mengganggu aktivitas. Ga pk demam,jd pastilah itu pilek,bukan influenza. Beda kan? Oiya,ga ta kasi obat anakqu,cm pake jeruk nipis + kecap/madu. Direbus dulu. Satu sendok aja. Berangsur pulih kok. Dan terpenting,selera makannya jd tetep bagus jk tanpa obat. Dan kini aku tertular! oh man..


Tapi aku bertekad ga akan make obat. Dari dulu se aku ngeyelan ga suka obat. Palagi sekarang  jadi ibu menyusui. Dari beberapa literatur  [huehehehe literatur kaya jaman kul aja]  yg kubaca, cukup istirahat yg cukup, perbaiki gizi, plus tambah vitamin C bagi evribodi yg kena pilek. Knapa kok cukup?? à karena sebenarnya pilek ato yg sering juga disebut selesma itu Cuma masalah daya tahan tubuh yg melemah
[dr biasanya-pas kita capeeeeeek gitu deh, ato pas lupa ga olahraga semingu penuh, nah gampang juga tuh kena pilek. Amit-amit kasian beibi kita. FEELING GUILTY nee ]
Makanya perlu istirahat plus perbaikan gizi, makan yg banyak en bgizi,jangan malah malaz. Jangan lupa banyakin maem vitamin C alami kaya  jeruk2an, blackcurrant, beri, rosehip, paprika, sayuran berdaun hijau, wortel, cabai hijau, cabai merah, brussel sprouts, bunga kol, kiwi, tomat, stroberi,dan ubi. Kan ini sumber yg paling jempol guna upgrade daya tahan tubuh kita. Kandungan antivirus dan antibakteri vit C ampuuh banget ngusir virus2... gitu deeh

Obat? Jauhin deh,bikin kita males makan tuh.. ngerusak saraf selera. Hihi ga ilmiah banget. Nti deh dibikin tulisan soal ni. 

Trus yg penting cegah pilek datang lagi… daya tahan tubuh mesti kuat, caranya healthy life style donk,makan sehat, olahraga cukup jangan banyak2 malah.. nti tepar,hehehe… [buat aku sendiri : ayo semangat olahraga], sering cuci2 tangan juga moms, taukan orang paling suka tuh nempeling up** ao malah ingu* di sembarang tempat. Pokoknya untuk beibi terutama yg masi itung bulan kita mah wajib norak en belagu! Segitu amat?
Eh iya momz, karena virus selesma dapat bertahan pada meja, handle pintu, atau pada apapun juga selama beberapa jam. Ngetem tuh virus..
  
Yg terlanjur pilek batuk ampe parno pake aja Resep Herbal Dr. Hembing [ada 3 resep lain, tapi sumpah ini yg mudah dan rasanya masih memper untuk diminum, hehehe ]
10 gram jahe segar + 1 siung bawang putih, dicuci bersih dan dihaluskan,lalu diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan air perasan dari ½ buah jeruk lemon dan madu, kemudian diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari. Dah coba kok,hmm yummie.. Qusebut ini wedang maknyuzz antipilek,kikkikkikk…
efek resepna udah termasuk tukang turunin panas (antipiretik), anti-infeksi, antitussif (meredakan batuk), ama mmbantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Selasa, 09 Maret 2010

Salah Diagnosa

Yupp.. itu pernah terjadi pada Abiy-q. Urutannya panas-dikira dbd-cek lab-normal-turun panas-panas lagi-dikira tipes ma dokternya. Udah terlalu seneng bahwa Abiy ternyata ga kena dbd. Ga kebayang kan anak sekecil itu musti disuntik-suntik jarum infus. Singkat kata, abiy balik ke jati dirinya. Wuiks,jati diri. hhehe.. Berulah gitu. eh nggak ding. balik aktip lagi. Ihhh seneng dee. Ee ternyata ga lama, 2 hari berikutnya, tuh panas balik lagi.

(Kecapekan! tolong dicatat ya,sehabis beibi panas demam jangan langsung aktifitas yang penuh daripada kenapa-kenapa.)

Karena panas dan belum cukup pengalaman,panik! langsung bawa ke dokter. Ya Allah kenapa juga, di ruang praktek Abiy meringik. heheh apa ya bahasanya. Yawes pokoknya teriak-teriak kaya anak  kesakitan gitu. Dokternya ikut heran. "Wah jangan-jangan tipus ini. Kan gejalanya panas-turun-panas. ya udah sekarang ngamar  aja di rsud dr soedomo."

Glek!! Ah...

"Anak ini seperti kesakitan kan. Biasanya kalo kesini kan  ndak pernah teriak gini. Biasanya kan tenang, senyum-senyum gitu. Udah langsung beerangkat aja. Nanti tak buatin rujukannya",kata dokternya lagi.

Walhasil ngamarlah Abiy. Suntik jarum infus? Jangan tanya, saking gendutnya mesti 9 x sampe akhirnya berhasil memasukkan tuh jarum. Naaangisnya bikin aku,maminya merasa bersalah banget. Tapi harus tegarkan... Yang ke-9 itu, aku berujar dalam hati, kalo ga berhasil juga, ga usah ngamar wes, bawa pulang. Mana perawatnya sama sekali ga melakukan pendekatan komprehensif padaku en beibi. hiks......

Ini dia bagian penyesalannya. Padahal udah disaranin misua ayah abiy."Cek lab aja dulu, nti kalo emang tipus ya ngamar"

Tapi aku ndak nurut, saking paniknya. Abiy ngamar jam 12 malem. huff dramatis bukan. Paginya, cek darah.. Abiy dah keliatan kesel banget liat kakinya diiket selang plus jarumnya. mana bisa dia berhenti gerak,tiap kali keliatan selang yang nempel dikaki, dipegangnya en mo dilepas. Haduh nakk,jangan nanti lepaz. Sampe 2 kali keluar darahnya lewat selang. Dan copotlah jarum suntik. Ah, banyak pula darah keluar. Ini perasaan tegang sekalilah. Kuminta Ujank (panggilan sayang u misuaku) panggil perawat.

Perawat: "Copot? wah dibersihin dulu"
Aku      : "Iya Mbak,udah 2x. Nti dipasang lagi to? " (sambil brharap jangan lagi). "Kemarin dicoba sampe 9x. Haduh mbak tangan kaki udah semua"
Perawat: "Ya di kepala nanti." (setengah judes gitu ngomongnya, ga pake senyum pula)
Aku      : ???##!

Saat itulah langsung teringat hasil cek darah. langsung kuminta Ayah minta hasilnya ke ruang administratif. Dan ternyata negatif. Alhamdulillah........

Abiy cuma diare. Tapi ringan saja. Tak lupa dokter ngasi bekal obat2an. diantaranya, obat pemampat diare, antibiotik dan apalagi ya?? Mom semua... obat itu saya hentikan pemakaiannya setelah 1hari. Kenapa??
Karena setelah brosing kesana kemari, pengobatan diare yang tepat intinya adalah menjaga penderita supaya tidak kehilangan cairan elektrolit. Sedangkan Abiy nyusuuuuuuuuu teruuuuuuuuuuss.. ndak mau makanseh. Nah itu dia makanya jangan dikasi antibiotik. Coz itu membuat selera makan hilang. Dan buatku, kalo mo sembuh ya makan. begitu juga dengan obat pemampatnya. Alhamdulillah...... Malah sembuh total sehat kembali mom....... Huuuu.............
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL