Selasa, 27 April 2010

Anak Perlu Banget Minum Susu

barengi pemahaman mengapa setiap orang perlu minum susu
Ternyata dari berbagai referensi, prinsipnya, memang hanya bayi yang wajib minum susu.  Ooo. Pasalnya, hingga usia 6 bulan, susu merupakan satu-satunya sumber makanan bagi bayi.

Setiap bayi berhak mendapat ASI. Kandungan gizi didalamnya, sudah sedemikian komplet dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh bayi untuk tumbuh sekaligus otaknya  terus berkembang.
  
JANGAN BERHENTI MINUM SUSU
Setelah anak berusia 6 bulan susu berperan sebagai pelengkap atau bukan lagi makanan utamanya. Di usia ini anak-anak  [lebih tepatnya bayi-bayi kali ya..] sudah sangat aktif dan mulai banyak membutuhkan zat gizi lain. Dan tidak akan terpenuhi kalau hanya mengandalkan susu.  Karena dikatakan sebagai pelengkap, orang tua sebaiknya tidak menghentikan kebiasaan minum susu pada anak, setidaknya sampai usia 12 tahun. Mengapa harus demikian, inilah penjelasannya: 
 
LIMA ALASAN PERLUNYA MINUM SUSU
1. Kandungan gizi yang terdapat dalam susu lebih mudah diserap tubuh dibanding makanan lainnya.
2. Konsumsi makanan bergizi yang terdapat dalam 4 sehat 3 kali sehari perlu disempurnakan dengan susu.
3. Asupan mineral ke tubuh akan kurang bila tidak ditambah dengan susu. Untuk anak 1 tahun ke atas, contohnya, kebutuhan kalsiumnya adalah 800-1.200 mg/hari, sedangkan untuk bayi 1 tahun ke bawah kebutuhannya hanya 300 mg/hari. Kebutuhan ini tidak akan tercukupi dari makanan saja, sehingga harus ditambah dengan susu yang kaya akan kalsium. Kalsium yang terkandung dalam susu dalam jangka panjang bermanfaat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
4. Kebutuhan lain yang bisa dipenuhi dengan minum susu secara teratur adalah Vitamin A dan D. Kedua vitamin ini pun sangat sulit tercukupi bila hanya mengandalkan asupan makanan saja.
5. Susu kaya akan kandungan triptofan yang bermanfaat mengistirahatkan sel-sel tubuh. Dengan kata lain, minum susu di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak, dan tubuh bisa istirahat secara optimal.
Dengan adanya kelima alasan ini, mulai sekarang ayah-ibu sudah tahu dong mengapa anak perlu didorong minum susu meskipun itu bukan lagi makanan utamanya.
Konsultan Ahli: Dr. Eva J. Soelaeman, Sp.A(K) , dari RSAB Harapan Kita, Jakarta

Istilah-istilah dalam Menyusui

Dalam dunia per-laktasi-an, ternyata banyak sekali istilah tertentu yang dianjurkan sekali untuk Mom's ketahui. What's that?

1.       Reversed Cycling:

Adalah kondisi ketika bayi menyusi lebih banyak pada malam hari dan lebih sedikit disiang hari. Kondisi ini wajar dan bisa terjadi pada bayi / batita yang sangat aktif di siang hari, sehingga hanya menyusu sebentar sebentar di siang hari dan “membalasnya”dimalam hari. Ibu yang terlalu sibuk  atau sering terganggu saat menyusui  di siang hari juga dapat menyebabkan waktu menyusui  yang sangat singkat bagi bayi/ batitanya, sehingga mereka membayarnya dengan sering menyusu di malam hari. Lazimnya hal ini terjadi pada ibu ibu yang pada siang hari jauh dari bayi mereka  [karena bekerja atau kuliah] sehingga bayi tidak bisa langsung menyusu pada ibu. Mereka akan mampu menahan haus dan lapar [merasa cukup dengan ASI perah] hingga bertemu lagi dengan sang ibu dan menyusu langsung sepuasnya.

2.     
Foremilk:
 
Biasanya disebut dengan ASI depan atau ASI yang keluar pertama kali pada saat menyusui. Saat bayi menyusu, ia selalu menghisap ASI  depan terlebih dahulu. ASI  depan memiliki kandungan gula dan laktosa lebih banyak tapi rendah akan lemak. Sifatnya mudah diserap sehingga bayi merasa cepat lapar kembali, dan biasanya hanya memuaskan rasa haus bayi saja.

3.      Hindmilk:
Biasanya disebut dengan ASI belakang, atau ASI yang keluar belakangan, pada saat menyusui. ASI belakang keluar pada saat ASI depan sudah habis terhisap bayi. ASI  ini lebih banyak lemak sehingga mengenyangkan perut bayi dan bisa memuaskan rasa lapar bayi.

4.      Tandem nursing/ Tandem Breastfeeding:
 
Menyusui dua bayi atau bayi dan batita sekaligus. Biasanya terjadi pada anak anak kembar atau kakak beradik yang beda usianya tidak terpaut jauh [misalnya adik bayi berumur beberapa bulan dari sang kakak yang masih berumur dibawah 2 tahun].

5.      Cracked / Sore Nipples:
 
Kondisi putting atau luka. Biasanya disebabkan oleh perlekatan  yang salah [posisi mulut bayi tidak melekat dengan tepat pada payudara ibu]. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan memperbaiki posisi menyusui dan dibantu dengan mengoleskan ASI pada putting dan membiarkannya terpapar udara bebas untuk beberapa waktu.

Senin, 26 April 2010

Semua Tentang Susu Segar dan Susu UHT

Dari dulu mah, hobi banged minum susu. Mo susu apa aja okeh-okeh aja. Dari Milo, Bendera, kental manis, cair, pokoknya yang paling enak, yang udah ada dan tidak perlu beli sendiri, hehehe...

Tapi semenjak menikah dan berawal dari coba-coba suami minum susu cair UHT. Dia kok ngerasain sesuatu yang beda. Sensasinya! Sensasi meneguk cairan gurih manis susu coklat ultramilk. BTW, beli susu merk ini susah sekali. Sering kehabisan. BeTe! Makanya tiap beli, langsung boroooooong........ 

Ini nih yang bikin lebih kepincut lagi sama susu UHT, sebuah artikel dari http://www.tabloid-nakita.com/Khasanah/khasanah06305-07.htm


Susu cair lebih awet kalau disimpan dalam kemasan yang baik.
 
Saat ini di pasaran telah beredar beragam susu cair. Ada yang memberi label susu segar, susu pasteurisasi, susu sterilisasi atau susu UHT ( Ultra High Temperature ). Tahukah Anda, semua jenis susu tersebut memiliki kandungan gizi yang sama karena telah diformulasikan sama dengan susu segar. Namun dibanding susu segar, aneka susu yang telah mengalami proses pengolahan tadi memiliki kelebihan, yakni waktu simpan yang lebih lama.
Utami Sri Rahayu. Foto: Iman/nakita
Narasumber: Dr. Ir. Nuri Andarwulan dari Departemen Teknologi Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor

SUSU SEGAR
* Susu segar adalah susu dari sapi, kerbau, kuda, kambing atau domba yang sehat dan tidak tercampur kolostrum.
* Syarat susu segar yang baik: mengandung tidak kurang dari 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen padatan bukan lemak.
* Tidak mengandung tambahan air, bahan tambahan pangan dan antibiotik, serta belum mengalami perubahan warna, bau dan kekentalan.
* Memiliki citarasa paling baik dibanding susu cair yang telah diproses karena kandungan asam lemak susu (asam butirat) masih bagus.
* Demi menjaga keamanan pangan, susu segar yang akan diminum langsung sebaiknya diproses terlebih dulu. Caranya, dengan memanaskannya hingga mencapai suhu 70­80 derajat Celcius selama 5-10 menit. Jadi, jangan sampai mendidih agar emulsi susu tidak pecah.
* Susu segar yang telah diproses harus segera diminum dan habis saat itu juga. Bila disimpan dalam suhu ruang dikhawatirkan mikroba-mikroba yang ada di udara bebas akan merusak susu tersebut. Masa simpan dalam suhu ruang tak lebih dari 2 jam.
* Bila disimpan dalam lemari pendingin, kemungkinan mampu bertahan selama 12 jam. Namun usahakan menggunakan wadah yang telah disterilisasi (dapat menggunakan gelas atau botol gelas yang telah direbus).
* Mikroba yang berada di udara akan mencemari susu segar yang telah diperah. Ini karena kondisi suhu udara dan tingkat kelembapan di Indonesia tinggi (rata-rata 28° - 30° C).

SUSU UHT (Ultra High Temperature)
* Susu segar atau susu rekonstitusi atau susu rekombinasi yang disterilkan pada suhu tidak kurang dari 135° C selama 2 detik dan segera dikemas dalam kemasan steril.
* Pemanasan dengan suhu mencapai 135° C sudah mampu membunuh bakteri yang ada.
* Citarasa susunya sudah tidak terlalu bagus karena telah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi.
* Kelebihan proses ini tidak menghilangkan kandungan nutrisi mikro, seperti vitamin dan mineral.
* Kandungan gizinya telah diformulasikan menyerupai susu segar dan susu formula bubuk. Kandungannya tidak kurang dari 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen padatan bukan lemak.
* Dapat disimpan dalam suhu ruangan.
* Waktu penyimpanan mencapai 6 bulan sampai dengan setahun untuk kemasan yang belum dibuka.

SUSU STERILISASI
Beberapa produsen susu mengeluarkan produk susu "penambah energi". Kandungan kalori, protein, dan mineralnya memang lebih tinggi dibandingkan susu formula lainnya. Alhasil, energi yang masuk ke tubuh anak pun diyakini secara otomatis lebih tinggi. Selain itu, susu jenis ini memang lebih mudah diserap oleh pencernaan karena komposisi lemaknya berbentuk MCT ( Medium Chain Triglycerides ). Bahkan, susunan asam amino yang terkadung di dalamnya pun tergolong lengkap untuk melakukan sintesa protein.
Biasanya, susu ini dikategorikan sebagai menu tambahan atau pelengkap. Namun mengingat kandungan zat gizinya memang terbilang komplet, susu penambah energi ini boleh dikatakan sebagai pengganti makanan. Meski demikian bukan berarti anak hanya mengonsumsi susu ini dan tak perlu lagi menyantap makanan yang lain.
Susu penambah energi sebaiknya diberikan pada anak yang nafsu makannya tergolong buruk atau rendah. Namun sekali lagi, alangkah baiknya jika orang tua lebih dulu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi anak untuk mencari tahu apa penyebab buruknya nafsu makan si kecil. Apakah karena gangguan medis atau ada faktor psikologis, semisal bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja maupun suasana makan yang tidak menyenangkan.

SUSU PASTEURISASI
Susu pasteurisasi adalah susu segar yang dipanaskan dengan metode high temperature short time atau dengan metode holding dan segera dikemas dalam kemasan steril . Selain susu segar, proses pengawetan dengan cara pasteurisasi diterapkan pula pada susu rekonstitusi dan susu rekombinasi. Susu rekonstitusi adalah susu cair yang disiapkan dengan penambahan air pada bubuk susu berlemak ( full cream), atau bubuk susu skim, atau bubuk susu rendah lemak. Sedangkan susu rekombinasi adalah susu cair yang dihasilkan dari campuran komponen susu (susu skim, krim) dan air.
* Suhu saat dilakukan pemanasan mencapai 65° C sampai 80° C agar dapat mematikan bakteri penyebab penyakit.
* Kandungan gizi susu pasteurisasi telah diformulasikan sama dengan susu segar dan susu formula bubuk. Kandungan lemak susunya tidak kurang dari 3,25 persen dan 8,25 persen padatan bukan lemak.
* Citarasa susunya masih baik karena tidak melalui proses pemanasan yang tinggi.
* Masa simpannya antara 5-7 hari pada suhu 4° C atau dalam lemari pendingin.

SUSU KENTAL MANIS
* Produk susu kental manis diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi (penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu.
* Kandungan gizinya berbeda dari susu segar. Bahkan kandungan vitaminnya lebih rendah bila dibandingkan dengan susu segar. Susu jenis ini memang tidak ditujukan untuk pemenuhan pola 4 sehat 5 sempurna. Lebih banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan.
* Kandungan gula dan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak cocok diberikan kepada bayi.
* Produk ini dapat digolongkan sebagai produk dengan masa kedaluwarsa panjang karena tingginya kandungan gula yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba. Kemasan yang belum dibuka mampu bertahan sampai 2 tahun. Sedangkan kemasan yang sudah dibuka hanya mampu bertahan kurang lebih 2 bulan, itu pun bila disimpan dalam lemari pendingin.

TIP-TIP PRAKTIS MEMILIH SUSU CAIR
M emilih produk susu cair tidaklah sulit. Yang penting periksa dengan teliti sebelum membeli. Berikut panduannya:
* Pilih produk dengan kemasan sempurna (tidak cacat, tidak penyok, dan sebagainya).
* Baca tanggal kedaluwarsa yang terdapat dalam kemasan.
* Bila kemasan sudah tampak menggembung, pertanda sudah tercemar oleh mikroba.
* Walaupun kemasan produk terlihat sempurna (tidak cacat), cobalah keluarkan sebagian. Cicipi apakah terasa asam. Bila asam pertanda sudah ada bakteri di dalamnya. Ini bisa terjadi karena kebocoran kemasan yang sangat kecil sekalipun. Selanjutnya, bakteri penghasil asam itu akan membuat cairan susu menggumpal.


Minggu, 25 April 2010

RAMBUT Ibu Menyusui, Ati-ati Kena Najis

Kali ini secara singkat saja deh. Saya sendiri sudah memiliki model rambut idaman khusus untuk masa menyusui. Well, bagi yang lupa, ketika menyusui, kita seringlah dipipisin si bebi. Hihi, tetep wangi.. Lhah pipis enak pisan baunya. Bebi gitu lhoh!

Nah, tetapi kita musti ingat selepas masa nifas, kita para moms kan udah sholat2 lagi [setelah lama hanya berdoa dan berdzikir]. Otomatis, musti donk jaga kesucian diri kita. Termasuk rambut. Semua deh. Pengalaman saya, seringkali, karena si bebi, menyusuna lamaaaa, ini tangan kadang kadung kena pis tadinya suka ngelus2 rambut sendiri. Cozz gerah! Nah najis tuh ya? mandi lagi. [kl emang musti begini ya alhamdulillah, bagian dari perjuangan yg syogyanya ikhlas lillahi ta'ala]. Ya kan ya donk yaa....

Belum punya tips moncer sih. Kecuali si bebi mau dipakein Cloth diaper or terkenalnya clodi. Saya sih lebih memilih dengan menyiasati model rambut.

Dalilnya gamana yach.. Nti diliat dulu referensinya....

Jumat, 23 April 2010

Mata Bayi Merah, Kasih ASI Ajah

Ini terjadi sekitar 2 bulan lalu. Mata kiri abiy meraaaah banget. Duh khawatir banget pokoknya. Soalnya bayi kan ga bisa ngomong kalo matanya sakit ato gmana2. Meskipun, abiy santai2 aja dengan mata merahnya itu. Dia juga tetep aktif seperti biasa.

Semua orang juga sudah urun suara, komentar banyak. "Lhoh, matanya kok merah"...

Yasud, ke dokter mata di rumah sakit. Tapi ups olala. Ditunggu 5 jam ga dateng2... secara itu di rumah sakit, bawa bayi imoet pula. Iiiiih sarang penyakit. Was2 sudah perasaan ini. Hati gundah gulana. Alah, apa2an...

Akhirnya qbawa pulang lagi, bismillah, mata abiy dicucurin asi sebelah kanan [ngikut orang dulu]. Alhamdulillah selang 3 hari, dah putih lagi seperti semula. Eits, ga cuma putih, tapi beniiiing banged.
Zipp pokoknya!

Ada sih yg nganjurin pake daun sirih, tapi kan pedih dimata. Sedang asi, tidak kurasa. Abiy enjoy2 tuh pas dicucurin asi ke matanya. malah senyum2..........

Obat Pilek Untuk Bayi

Haia... suseh hati ne dikala anak terserang pilek. Alhamdulillah udah sembuh sih.. ga akan cerita banyak. Kali ini cuman mau share obat pileknya abi. eh tapi obat  TRADISIONAL  ya...

Kalo abiy pilek sekarang cuma tak kasih jeruk nipis, yg mengandung buanyak vitamin C. Lagian abiy ga doyan pisang seh..

Tambahan lain..
* Pilek
Siapin bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih telon aja kali yach... Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

* Penurun panas, batuk, dan pilek
Parut bawang merah, tambahin minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas.

Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.

Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.

Rabu, 21 April 2010

Tips ASI Lancar Bancar Jaya

Sempat takut ASI mampet? sama mom, pernah juga tuh saya feel kaya gitu. Abiz, padara (hihi disingkat, malu sih) udah berasa kecil lagi gak menteg2 kaya pas awal2 menyusui.

Selasa, 20 April 2010

Apa Sih ASI Eksklusif?

Hixx.. Abis baca2 lagi artikel seputar ASI, rasanya menyesal dulu tidak ngotot bin teges ke bidan yg nanganin proses kelahiran bebiku. Akhirnya ASI Exclusive yg kuimpikan tak terlaksana. Akhirnya Abi hanya menyandang gelar bebi penuh ASI.

ASI Eksklusif itu sendiri apa sih? dibilang eksklusif itu mom, kalau sedini mungkin setelah persalinan, asi diberikan pada si bebi imut. Diberikannya juga tanpa jadwal dan tidak diberikan makanan tambahan lain. Apapun itu, meskipun hanya air putih sampai bayi berusia 6 bulan. Apalagi, suka tuh emak2, uti2 ngasi jeruk, pisang, bubur juga nasi tim. itu yg sering. Susahnya ni kalo tinggal seatap sama yg ga sepaham. Duh! Bisa bertengkar. Trus nyuri2 tuh simbahnya.
Mengapa cuma ASI?
Buanyak banget nih jawabnya...karena manfaatnya aje gileee mom....
  1.  Nutrisi paling lengkap dan paling seimbang diantara yang lain. Jelasnya ASI mengandung lebih dari 200 unsur-unsur pokok kayak karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan seabreg zat lain seperti hormon, enzim, zat kekebalan yang tidak mungkin ada dalam susu formula.
  2. Mengurangi kemungkinan Alergi. SubhanAllah, ASI telah dirancang sedemikian lengkap dan proporsional tanpa satupun zat yang tidak diperlukan oleh bebi. Semua terserap sempurna. ASI Eksklusif selama 6 bulan bisa banget mencegah bebi mom menderita alergi di kemudian hari
  3. ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi secara signifikan. Olala. ASI terutama nih bagian Colustrumnya mengandung zat kekebalan (kerennya Immunoglobulin) yang bakal membantu melindungi bayi  dari serangan bakteri, virus, dan parasit selama kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna.  Immunoglobulin yang terdapat pada ASI akan melindungi bebi dari berbagai penyakit seperti diare, infeksi telinga, batuk, pilek, dan penyakit alergi
  4. Ningkatin kecerdasan anak. ASI kaya akan DHA, AA, Omega  3, Omega 6. Kayak bunyi iklan susu formula yah? Pancen! Coz emang itulah kandungan aseli ASI. Eits ini ga ada dalam susu sapi lho. Makanya di susu formula ditambahinlah zat2 itu, sintesisly mom. Peningkatan IQ anak oleh ASI bisa sebesar 12 point lhoh, karena kandungan gizinya yang lebih lengkap dan alami itu. wuooouw...
Enaknya juga nih mom...kita ga perlu botol. Saya udah terlanjur beli 2 botol. Nganggur dech.. Dulu emang kepincut beli.. Lucu sih, pengennya dipake buat ASIP. Tapi ternyata Abiy ga mau mbotol. Sayanya dech yg luluh. Hemat lebih banyak juga.. yekkkekkk.. Kan ndak perlu beli susu. Udah mahal, repot, tapi soal kwalitas masi kw 2. Kalah jaooo ama ASI.

Dan bonusnya untuk para momi... hihihihihi bisa super duper cepat langsing kembali. Cuma butuh 4 bulan buat langsing persis seperti semula hanya dengan happy breastfeeding! Tanpa senam.. soale hehehe malaaaazz keluar rumaaah...............

Ketinggalan, bonus +an : KB alami. Cek aja...........

Bayi 6 Bulan, Perlukah Susu Formula?

Ini kisah 6 bulan lalu ketika Abiy, my bebi baru 5 bulan, sekarang sih udah 11 bulan. 
Pas asyik bersilaturahim ke rumah yangtie -panggilan sayangku pada adik nenekku-  omku yang dokter spesialis bedah saraf  tanya, dikasi susu apa? enggak om, baru asi ajah, jawabku. Lhoh ya kurang yun, wong anaknya gedhe gitu, kasi susu tambahan.

Hixx, omku ni bener ta?
dokter kok malah ga nyaranin asi exclusive.. Piye to?
Tapi itu tidak mampu mebuatku menjadi galau. Aku tetap yakin syakin-yakinnya. ASI aja. lagian omku juga yg cara berpikirnya aneh. Lha justru anakku gedhe itu, artinya alias pertanda ASI-ku cukup. Ya kan?? ya iyalah.......

Alhamdulilah, hingga kini abiy masi ASI penuh + MPASI. Mau dibilang exclusive?? Kata Bidan Ika temanku bukan eksklusif namanya, kalo pernah dikasi susu formula (sufor) meski dikit banget.

[hix, gmana donk, jahatnya bidanku yg menyesatkanku. Udah nggak di-IMD-in malah dikasi glukosa bebiku. Jadul yach bidanku, biz gmana bidan desa sih, pdhl bidan delima, knapa bidan? coz lahirannya mendadak banget, tiba2 mbrojol. Kalo di RS, takut, susah diadzanin. Pengalaman adek spupuku dulu. Alhamdulillah lancar]

Bahas yukz... Perlu gak sih susu formula buat bayi kurang dari 6 bulan?

Engggaaaaak!
heheehee jawaban sepihak. Kalo diliat penampakan bayi kita udah ndut [ndutnya wajar lhoh] , lincah, sama sekali nggak perlu. Padahal jika bayi sufor biasanya malah lebih nduti (gemuk bangetz), tapi cenderung kegemukan. 

Thanks God ada artikel pendukung dari http://aimi-asi.org/2007/08/mpasi-susu-lain-selain-asi/
Artkel ini dirangkum dan diterjemahkan secara bebas dari: Handout #17 What to Feed... Revised January 2005, Written by Jack Newman, MD, FRCPC. © 2005)

“APAKAH BAYI SAYA PERLU DIBERIKAN TAMBAHAN SUSU LAIN SELAIN ASI?”.
Beberapa mitos yang berkembang:
  1. Bayi harus diajarkan untuk minum dari botol supaya mereka bisa diberikan ASI Perah (ASIP) ketika ibunya sedangdiluar rumah.
  2. TIDAK BENAR. Beberapa bayi ASIX tidak akan pernah mau minum dari botol ketika mereka mencapai usia 2 atau 3 bulan. Kebanyakan dari bayi-bayi ASIX yang belum pernah disusui dengan botol dan dot, bahkan mereka yang pada minggu-minggu pertama kehidupan sempat disusui dengan botol kemudian berhenti, akan menolak botol tersebut ketika mereka berusia 4 atau 5 bulan. Ini bukanlah suatu tragedi, jadi tidak ada alasan untuk memberikan botol kepada bayi di awal kehidupannya dengan dalil supaya bayi belajar untuk minum dari botol. Apabila bayi anda menolak, jangan dipaksakan; ibu dan bayi akan sama-sama menjadi frustasi. Apabila bayi berusia sekurangnya 6 bulan ketika anda mulai masuk kerja lagi di kantor, maka bayi benar-benar tidak perlu untuk minum dari botol. Bahkan jika bayi anda baru berusia 4 bulan (atau bahkan mungkin dibawah 4 bulan), dia tidak perlu belajar untuk minum dari botol. Dia bisa diberikan cairan dengan menggunakan sendok, pipet ataupun spuit (suntikan biasa, ataupun yang khusus untuk minum obat dan vitamin). Selain daripada itu, bayi bisa mulai belajar untuk minum dari cangkir pada saat berusia 5 atau 6 bulan (bahkan dibawah usia 5 bulan sudah bisa diberikan cairan melalui cangkir). Cangkirnya boleh jenis yang terbuka, tidak perlu tipe gelas khusus yang pakai spout (dot khusus untuk belajar minum). Mulailah dengan memberikan air putih (pada usia 6 bulan) karena pada permulaan belajar bayi akan lebih banyak menumpahkan minumannya. Namun, apabila bayi belum bisa untuk minum dari cangkir pada saat anda sudah akan mulai masuk kerja lagi, jangan khawatir, bayi anda tetap bisa minum cairan dengan menggunakan sendok, pipet atau pun spuit tadi.
  3. Tetapi tidak ada salahnya kan untuk mengajarkan bayi supaya mau minum dari botol.
  4. TIDAK SEPENUHNYA BENAR. Ada beberapa bayi yang tidak mengalami masalah sama sekali dengan metode Some babies do fine with both. Sesekali memberikan cairan melalui botol, apabila kegiatan menyusui berjalan dengan lancar, tidak akan terlalu berpengaruh. Namun, apabila bayi secara rutin diberikan asupan melalui botol (beberapa kali dalam sehari), dan pasokan ASI anda juga mengalami penurunan karena bayi semakin jarang menyusu secara langsung pada anda, maka kemungkinan besar bayi akan mulai menolak untuk menyusu sama sekali, bahkan untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan sekalipun.
  5. Bayi perlu minum susu ketika ibu sedang berada diluar rumah.
  6. TIDAK BENAR. Menyusu sekurangnya 3-4 kali dalam 24 jam ditambah dengan berbagai macam hidangan MPASI dengan gizi seimbang, akan memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi anda sehingga bayi tidak memerlukan jenis susu lainnya ketika anda sedang berpergian. Ditambah lagi, hidangan MPASI-nya bisa juga dicampurkan dengan ASIP, tetapi ini bukan suatu keharusan.
  7. Seandainya saya ingin memberikan susu selain ASI kepada bayi saya,maka lebih baik susu buatan (susu formula) sampai dengan bayi berusia 9 bulan.
  8. TIDAK BENAR. Apabila bila bayi masih menyusu beberapa kali dalam sehari dan juga mendapatkan asupan MPASI dengan menu gizi seimbang, maka susu formula sama sekali tidak diperlukan dan tidak dianjurkan. Bahkan, bayi-bayi yang belum pernah mencicipi susu formula ketika mereka berusia dibawah 5-6 bulan, kebanyak akan menolak untuk minum tersebut karena rasanya yang tidak enak. (Kenapa ASI rasanya jauh lebih manis dibandingkan dengan susu formula padahal kandungan gulanya sama).
  9. Bayi perlu minum susu (formula) untuk mendapatkan asupan kalsium.
  10. TIDAK BENAR. Apabila anda khawatir mengenai asupan kalsium bayi anda, maka kalsium dapat diperoleh dari keju ataupun yoghurt. Tidak perlu untuk minum kalsium. Lagipula, apabila bayi masih menyusu, ASIanda juga mengandung kalsium.
  11. Susu formula lanjutan (susu buatan untuk anak diatas usia 6 bulan) secara khusus diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan anak diantara usia 6-12 bulan.
  12. TIDAK BENAR. Susu formula lanjutan sama sekali tidak perlu, dan secara khusus diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan marjin keuntungan perusahaan produsen susu formula. Jenis susu ini juga merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan produsen susu formula untuk mensiasati batasan-batasan yang berlaku sehubungan dengan promosi dan pemasaran susu buatan secara langsung ke masyarakat.
  13. Bayi ASIX pada usia 4 bulan perlu mendapatkan tambahan asupan zat besi selain dari ASI.
  14. TIDAK BENAR. Untuk bayi yang lahir cukup bulan dan sedang dalam masa ASIX, seluruh kebutuhan zat besi dipasok oleh ASI. Namun, pada usia kurang lebih 6 bulan, merupakan hal yang baik untuk mulai memberikan tambahan asupan zat besi kepada bayi, selain dari ASI. Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah melalui makanannya (MPASI), dan sumber zat besi yang terbaik adalah daging (merah), bukan susu formula dan bukan juga sereal bayi.
  15. Cara paling baik untuk meyakinkan bahwa anak mendapatkan zat besi adalah dengan memberikan sereal bayi.
  16. TIDAK BENAR. Sereal bayi memang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi, tetapi sebagian besar dari zat besi tersebut tidak dapat diserap oleh sistem pencernaan tubuh, sehingga jumlah zat besi yang tinggi tersebut seringkali menyebabkan sembelit pada bayi. Selanjutnya, banyak bayi ASIX yang tidak suka dengan rasa sereal. Tidak salah kok kalau kita mau mencoba memberikan sereal bayi, tetapi jangan dipaksakan karena bisa menimbulkan masalah seputar kebiasaan makan di kemudian hari. Cara paling tepat untuk memastikan apakah bayi kita cukup mendapatkan asupan zat besi adalah dengan terus memberikan ASI dan memperkenalkan MPASI dengan suasana yang relaks, menyenangkan dan pada waktu yang tepat. Cara paling mudah untuk memberikan tambahan zat besi kepada bayi berusia 6-12 bulan adalah melalui asupan daging (merah), karena zat besi yang terkandung didalam daging sangat mudah dicerna dan diserap oleh usus bayi.
     Hmmm..horeeee.. gimana neh dengan mom semua???


Senin, 19 April 2010

My Lil' Family


Jumat, 16 April 2010

AbiyQ Lagi Mogok Makan

Bebi mom ada yg suka ogah makan??
Hufft..sedihnya sampe ke tulang-tulang kalo bebi kita susah makan.. kenapa kok susah ya?

As a mom, kita pasti suseh kalo batuta kita (bebi satu tahun) mogok makan. Padahal udah kita coba  sgala cara. Sambil puter2 komplekslah, sambil nyanyi-nyanyi, sambil mendongeng, cerita segala macem.. uuuh tetep aja bibir si bebi  terbungkan rapat. Aih-aih.... Masih juga ditambah badannya molat-molet dari gendongan kita. Hiiih! Jadi ngerasa gagal jd mom.

Parahnya lagi, si bebi belum bisa ngomong, kenapa enggak mau makan, kita tambah salting lai tuh..
Ups, tapi tunggu mom, kalo kita pikir2 lagi, penyebab keresahan kita pasti bukan semata karena enggak mau makan. Sangat mungkin bukan karena OGAH makan.


Pengalaman saya sih, nafsu makan bebiku si Abiy memang pasang surut.  Penyebabnya nee yaa
  • lagi terserang virus flu.. masi awal2 tu, pusing banget di kepalanya.. berdenyut-denyut gitu.. orang dewasa juga pasti ga napsu makan meski udah diadepin sate ayam, gule kambing, en eni oder..
  • masakan kita ga enak... hahahha... beneran dech.. si abee, sering juga begitu. rapett banget nutup mulut.. ternyata ee ternyata, terlalu asin membuatnya ga mau nelen tuh maem. Padahal udah dimasak sepenuh hati pake bumbu sholawat.. hehehe... Jadi kita musti ngapalin si bebi kita suka asin pa ga, bumbu kesukaannya apa.. tapi jangan asin2 ah, rerata bebi ga suka tuh. lagian ginjalnya belum kuat mencerna NaCl.. 
  • bahannya sndiri, apa bebi kita suka tahu, ayam, ikan, kalo abiy seh tidak suka tahu. Suka ikan, ayam asal diblender halus-lus. Trus sayurnya juga, setiak kali mencoba juga musti disimak reaksinya.
Ok moms.. silakan mencoba....
Ada saran lain, let's share.........................
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL