Jumat, 11 Juni 2010

Brokoli, Mantab GIZInya

Kriukk deh, kalau lagi makan brokoli. Soalnya kan memang dimasaknya dengan dikukus atau disup sebentar. Jadi masih berasa renyahnya. Nikmat-mantab lah...

Berhubung sekarang sekeluargaku ngikut apa yang dimakan Abiy, maka sayur pun hanya beli yang kira-kira Abiy mau. Berhubung brokoli adalah sayur sup [maksudnya biasa dipakai untuk bahan sup] ya sud, kita coba.

Masaknya sebentar, saya memotongnya dibagi dua. Satu kecil-kecil, biar mudah untuk Abiy telan, satunya lagi agak besar buat yang gedhe... Dan Abiy suka!

Seputar Brokoli
Wah, saya baru tahu nih moms, bahwa si brokoli ini masuk dalam kelompok kubis. Saya pikir kembar siam sama kembang kol saja. Fakta menariknya adalah adanya kandungan sulforaphane dan indoles dalam si brokoli yang mempunyai efek antikanker. Sulforaphane juga meningkatkan enzim yang mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan substansi yang bersifat karsinogenik lebih cepat dari tubuh. Selain itu, zat ini juga mampu mengurangi pertumbuhan sel dan kematian sel pada leukemia dan sel melanoma.

Sumber yang lainnya mengatakan brokoli mampu mencegah serangan jantung dan stroke, efek positif dari si sulforaphane juga. Zat ini menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Wow!

Ceritanya, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk.
Mineral penting seperti kalsium [lebih besar dibandingkan  segelas susu], potasium, kalium, besi dan selenium.
Zat lainnya adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flavonoid dan serat [lebih banyak daripada sepotong roti gandum].

Hebatnya lagi
Brokoli dapat meningkatkan daya kerja otak. Brokoli juga mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri semacam pikun akibat enzim acetylcholinesterase. Nah, brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah karena mengandung chromium untuk mengatur tingkat gula darah.

Kayaknya gizinya banyak banget yah.. bakal sering-sering nih. Cuma sayang, disini, didaerah saya, sulit mendapatkannya. Musti pesan ke dudenyaAbiy dari Kediri... ooughh.....

Rabu, 09 Juni 2010

Buncis, Kusuka


Buncis!

Sayur idaman banyak orang. Siapa sih tidak suka buncis [banyak,hehe]. Ayahnya Abiy saja juga tidak termehek-mehek. Makan hanya kalau diingatin, sayur-sayur...

Ratingnya sederhana. Bagi Abiy, sayuran ini akan dimakan tetapi tidak akan bisa banyak. Mungkin karena seratnya [disamping buah] susah hilang. Jadi memang agak susah dimakan bayi bergigi enam begini. Tapi karena, kandungan gizinya yang termasyur, tak ayal saya harus selalu sabar mengingatkan lidah si beibi untuk belajar mengunyahnya. Tujuan utamanya tentu supaya lambat laun bisa menikmati makan buncis. Syukur kalau bisa sukacita.

kandungan gizi buncis si polong per 100 gram berat, antara lain: 
protein 2.4 gr,
lemak 0.2 gr, 
karbohidrat 7.7 gr, 
kalsium 6.5 mg, dan
zat besi 1.1 mg.

Perlu diketahui juga, buncis dan kacang polong mengandung serat larut. Eits, serat larut adalah jenis yang sulit didapatkan. Kandungan serat dan enzim yang terdapat pada buncis konon  membantu mengatur fungsi pencernaan sehingga mencegah ambeien dan menurunkan berat badan. Makanya, sukailah buncis. Lagipula banyak makanan favorit yang dibuat dari buncis: sop buncis, tumis buncis, sop kacang polong, salad buncis dan kacang. Baik juga menambah buncis pada sop sayur dan salad.

Manfaatnya? sayur ini begitu kaya dengan protein dan vitamin yang spesial akan membantu menurunkan kolesterol [horee, bisa campur daging], mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah serta mengontrol insulin dan gula darah. 

Mengontrol gula darah? zipp!
Berarti bagus untuk menjaga tubuh dari diabetes. Juga bagi para penderitdanya.



Gambass, si Segaar Sedaap Antidiabetes

Satu lagi sayur yang dicintai beibiku di dunia ini. Adalah gambas. Begitu orang Trenggalek - Jatim menyebutnya. Biasa dimasak sayur bening bumbu laos atau lengkuas. Begitu pula aku. Tapi tak jarang, aku memasaknya dalam campuran sup. Untuk Abiy, karena gambas atau oyong sebutan lainnya, kulitnya kukupas bersih. Kalau tidak, akan terlalu keras bagi Abiy.

Sekali lagi bersyukur, banyak juga ternyata sayuran yang telah dicoba dan dicinta Abiy. Menilik tetanggaku, yang anaknya sudah lebih besar, batita, belum bisa suka sayur. Sedikit sekali. Sedang Abiy bisa menikmati sayur sebagai kudapan lezat. Kayak udah gedhe!


Karena sudah beberapa kali masak gambas untuk Abiy, mau tahu juga nih, soal kandungan gizinya. A Few Info...

Per 3 ons gambas terdapat 20 kalori dan 20 persen kebutuhan vitamin C saja. Jumlah yang lumayan. Pas dimakan saat musim batuk-pilek. Lebih dripada itu, gambas terkenal sebagai sayuran antidiabetes. Mengapa? karena gambas mengandung cucurbitasin. Kandungan senyawa cucurbitasin dalam biji gambas inilah yang berperan dalam menurunkan gula darah. Beragam penelitian memang membuktikan senyawa yang terkandung pada anggota famili Cucurbitaceae ini sebagai antidiabetes.

Tak hanya berkasiat bagi diabetes, gambas juga dapat menyembuhkan penyakit semisal, radang usus, asma,
obat cacingan, radang kelenjar telinga hingga meningkatkan air susu ibu. Hmm banyak juga.

Selamat nggambas deh........

Senin, 07 Juni 2010

Kecipir, Ndeso tapi Potensial

An underexploited tropical plant with promising economic value ! [U.S. National Academy of Sciences, 1975]. Itulah kecipir. Saat kecil, saya pribadi hampir tak pernah makan kecipir. Mungkin karena baunya yang kurang sedap.

Yang jelas kecipir di daerah saya, seringkali dijadikan komponen pecel dan urap. Selain itu seringpula dijadikan sayur lodeh atau bobor. Tapi kedua jenis masakan terakhir tidak direkomendasikan. Secara bersantan, kandungan kolesterolnya terlalu berlebih. Bisa-bisa tak sehat lagi.

Saat ini persepsi saya berubah total. Saya belum tahu nilai gizinya sampai berniat untuk menulis tentang kecipir.

Persepsi saya berubah! Kecipir itu sexy!
Lihat saja, panjang dan berbentuk segi empat dan ada ringgitnya. Semacam rumbai-rumbai. Alamak, mau menari di perutkah buah ini?

Dahsyatnya, protein umbinya yang dikandung mencapai (10,9 g). Hal ini berarti lima kali lebih tinggi dari kentang, gadung dan ubi jalar. Wow...

Mengenai gizi? per 100 gr polong muda kecipir mengandung vitamin A (340-595 SI), zat besi (0,2-12,0 mg), vitamin C (21-37 mg), serta vitamin dan mineral penting lain.  Kandungan protein dan minyak/lemak dalam kecipir ini sangat mirip dengan kandungan kedelai. Seru!

Dan jika moms mau, konsumsi biji kecipir tua justru lebih bagus lagi. Karena komposisi gizinya paling baik. Biasanya biji ini hanya digunakan untuk pembenihan. Protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral biji kecipir tua cukup tinggi dibanding polong muda, umbi, dan daunnya.


Tabel komposisi proksimat biji (%-b dari bagian yang bisa dimakan, diambil dari majarimagazine)

kandungan biji kecipir
Untuk Abiy my beibi, kecipir hanya dimasak dengan cara dikukus. Belum pernah coba cara lain. Lalu, kukusan cipir akan dilahap begitu saja olehnya. Bagaimana dengan ananda moms?

Bayam Sang Raja Sayuran

Ah masak iya, bayam Raja Sayuran?

Enggak tahu juga, kata orang-orang seh begitu. Nggak mau pusing soal ini. Yang penting bayam adalah one of fave food for Abiy. I Love U deh say. Pinter banget suka sayuran. Alhamdulillah, pasti karena rohmanNya. RohmanirrohimNya juga kalau dulu pas hamil, saya suka bilang ke ke calon bayiku : "De, nanti yang suka sayur ya, biar sehat, kuat, cerdas dan tetep sholeh..........". Mungkin dia jawab gini yah, "iya momi, beres!". Hihihihi

Gara-gara bayam si Popeye ini, aku terpengaruh secara positif [hehe] untuk membuat beibiku Abiy, cinta ma bayam. Pucuk di Cinta, Ulam pun Tiba. Tak hanya Abiy yang akhirnya demeeen banget kukasih bayam [mungkin karena rasanya segar plus daunnya lembuuth banget], tetapi juga si bayam ini dengan senang hati tumbuh begitu saja di halaman belakang rumah. Tanpa kuminta. maksudnya?

Yupp! Dia tumbuh sendiri, mungkin oleh angin yang membawa pesan dari Sang Pencipta. Dan kini tak hanya di belakamg rumah saja, dia menggurita, ke halaman depan, samping. Dia tumbuh semena-mena. Merasa bagai tanaman cantik, dia menyembul diantara euphorbia dan anthuriumku. hahaha... But, love it!


Lalu bagaimana kandungan gizi bayam? Menurut dr Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam terkandung tenaga sebesar 21,0 kcal, air 92,9 gr, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 2,7 gr, serabut 0,7 gr, abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg, besi 3,8 mg, natrium 131,0 mg, kalium 385,0 mg, betakaroten 4080,0 ug, vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg, niacin 0,7 mg, dan vitamin C 76,7 mg.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi ini, jadilah bayam sering disebut sebagai “King of Vegetables” atau “Raja Sayuran“. Wow.. And Thanks 2 Allah 4 d'spinach in my house...

Lalu-lalu, khasiatnya apa?
let's check :
  • Anda lesu, tidak bergairah, kurang darah? makan bayam
  • kelebihan kolesterol, terkena eksim, asma, sariawan? makan bayam
  • perawatan kulit? pakai bayam
  • seratnya tinggi, tentu bags untuk pencernaan kita
Hanya, bayam punya kelemahan, yaitu pada proses pengolahannya. Kita tidak bisa memasak sayur bayam dengan panci aluminium, karena akan menjadikannya beracun, akibat bereaksi dengan zat besi yang dikandung bayam. Oh no! Perlakuannya kudu istimewa. Manja nih sayur ya...

Selain itu, sayur bayam kalau sayur bayam tak bisa lagi dinikmati jika telah lewat lima jam sejak dimasak. Seperti sayuran lain, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama di atas api karena hal itu menyebabkan gizi pada bayam banyak terbuang, bahkan bayam akan terasa pahit. Dan mengapa bayam tak boleh dikonsumsi lebih dari lima jam? karena bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia

Dan yang harus diperhatikan adalah bayam kurang baik bagi mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Mengapa? karena kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Catatannya :
bayam bagus untuk bayi yang masih dalam pertumbuhan. Tetapi biasakan minum air putih yang banyak untuk melarutkan purinnya. Sehingga meminimalisir kemungkinan terjadi asam urat saat dewasa.

Kacang Panjang [jadi Kacang Pendek]

Kacang Panjang. Entah mengapa, Beibiku suka sekali menggerogoti si kacang panjang kukus atau yang dalam sayur. Sejak ia berusia tujuh bulan, ayahnya UjankQ, sering menggenggamkan kacang panjang pada Abiy. Biar tangannya sibuk, pikir si Ayah. Ternyata, efek ke depannya sangat positif, Abiy akan mengulurkan tangannya meminta, jika ia lihat kacang panjang di rumah.

Sayuran yang langsing ini ternyata banyak juga manfaatnya. Secara Abiy  beibiku sangat suka, saya jadi merasa berkepentingan untuk mengurai aneka kandungan gizi dan manfaat si kacang panjang ini. 


Wah-wah, sebagai keluarga dari kacang-kacangan, kacang panjang memiliki nilai gizi yang sangat baik. Baguzz! Setiap 100 gramnya, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1. Lembayung, alias daun kacang panjang yang juga sangat enak rasanya bahkan memiliki kandungan zat gizi yang tak kalah baiknya. Tapi soal lembayung, belum dicobakan untuk si Abiy.


Gizinya banyak, manfaatnya tentu banyak pula donk. Apa saja ya kira-kira? Saya menemukannya paling lengkap disini. Karena mengandung betakaroten, vitamin B1 dan B, klorofil, serat serta pektin, kacang panjang ini penting untuk menjaga kandungan gula dalam darah. [Biar enggak diabetes, asikk]. Bisa juga lho mengatasi hipertensi, memperkecil resiko terkena stroke [termasuk serangan jantung lain ya donk]. Seratnya meningkatkan fungsi organ pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Mencegah serangan kanker dan juga bersifat diuretic alias peluruh kencing tingkat sedang. Wew.. 
Khasiatnya hampir sama ya dengan sayuran lainnya. Hmm, sepertinya Tuhan kita memang sudah menciptakan dunia ini begitu sempurna. Manusia dengan sifat mudah bosan dan ragam kehidupan [baca : makanan] didalamnya. [hehehehe]..

Sepertinya masih banyak khasiat lainnya. Kacang panjang ini juga biasa digunakan sebagai bahan jamu-jamuan. tapi maaf, saya tidak bisa membahasnya. [belum berminat]. 
Kacang panjang, menurut saya, paling enak dibuat pecel [kukus], urap, sayur bening, tumis, orak-arik, sayur asam [semua versi saya sendiri]. Bahkan kadang-kadang saya sup. hehehe...........



Minggu, 06 Juni 2010

Wortel, Nyam-nyam

Wah, kalo sayuran oranye yang satu ini memang kegemaran semua orang yah... Jai enggak heran kalau si Abiy juga suka banget dengan wortel. Alhamdulillah... Vitamin A-nya itu lho... dari penampakan buah [atau sayur] ini aja juga sudah memperliatkan dia memang baik untuk si mata.

Abiy suka mengunyah wortel, baik mentah apalagi matang [lebih empuk]. Wortel ini sudah menjadi santapan wajib minimal 2 hari sekali. Kan perlu juga ganti makanan lain. Variasi donk!

Penasaran juga kandungan wortel ini. Apalagi ya kelebihannya...


Dan ya, yang mencengangkan adalah, beta-karoten dari wortel mampu menyelamatkan para perokok aktif atau pun pasif dari ancaman racun asap rokok [saya nih, kakeknya Abiy adalah perokok, tapi kami tidak tinggal bersama]. Itulah mengapa, tak semua perokok kena penyakit paru-paru. Coba cek disini. Alhamdulillah. Jadi makin cintaaaaa sama wortel.

Kandungan Gizi si wortel yang menyukai tanah gembur dan subur ini apa saja ya? tentunya vitamin A, yang ternyata memang tinggi, yaitu sebesar 12000 SI. Kandungan zat lainnya yang terdapat dalam wortel diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, Beta karoten, besi, vitamin B 1, dan vitamin C.

Oke deh, lalu khasiatnya?? hmm kandungan karoten dan vitamin A pada wortel sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. [yah, tentang ini semua sudah pada tahulah. Tetapi tak hanya untuk mata, kandungan Beta karotennya juga dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. 

Sementara kandungan antioksidan karoten yang tinggi dapat memerangi efek polusi. Wortel juga terbukti baik untuk mengatasi kejang jantung, eksim dan cacing kremi. Luka dalam mulut, napas tidak sedap, gusi berdarah dan sariawan bahkan bisa disembuhkan dengan mengunyah daun wortel.  

Bahkan, wortel bisa juga nih,  mengatasi nyeri haid, caranya 250 gram wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
 
Mengatasi sembelit dengan 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minumlah sari wortel tersebut 2 kali sehari.
 
Menghaluskan wajah, ambil saja 2 - 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air.
 
Mengatasi hipertensi. Untuk yang ini ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
 
Mengatasi demam pada anak, bisa juga. Cukup dengan 200 gr wortel bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
 
Mengatasi luka bakar dengan menumbuk hingga halus wortel dan mengoleskannya pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
 
Menyembuhkan batuk. Bagus ini untuk Abiy saat batuk Kan alami. Juga anak moms semua. Caranya, ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari. (OL-08). Coba cek aja disini.

Untuk Abiy sayank, saya biasa memasaknya sebagai bahan sup, tumis, orak-arik, omelet, lalapan. Apalagi ya, enaknya diapain moms?? bagi resep donk....

Sabtu, 05 Juni 2010

Abiy Sayank Labu Siam

Bagi orang Jawa Timur, Labu Siam ini lebih dikenal dengan nama Manisa. Orang Trenggalek menyebutnya Gondes. Biasanya dipotong panjang-panjang macam korek api. Ketika kecil, ibuku jarang memasak sayur ini. Itulah kenapa, awalnya saya kurang begitu kenal dengan Manisa. Kuliah, baru 'ngeh' dengan keberadaannya.

Ketika, mamiku memasaknya sebagai bahan sayur asam, kucoba berikan sama Abiy. Dan Happ! Habis terlahab!

Seneeeng, kalau lihat Abiy bisa suka makan sayur. Makin bertambah deh, sayur favoritnya. Karena itu, sekarang Labu ini termasuk yang sering kumasak untuknya.

Ngomong-ngomong, gizi Labu Siam seperti apa ya...
Ternyata kadar serat didalam buah ini bagus lho, 1.7 g per 100 g. Konsumsi serat cukup tentu baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Lagipula, serat pangan kan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam
Komposisi gizi              Kadar
Energi (kkal)                17
Protein (g)                    0,82
Lemak (g)                    0,13
Karbohidrat (g)            3,9
Serat (g)                       1,7
Gula (g)                        1,85
Kalsium (mg)               17
Besi (mg)                      0,34
Magnesium (mg)          12
Fosfor (mg)                 18
Kalium (mg)              125
Natrium (mg)                2
Seng (mg)                     0,74
Tembaga (mg)              0,12
Mangan (mg)                0,19
Selenium (mg)               0,2
Vitamin C                     7,7
Tiamin (mg)                  0,03
Riboflavin (mg)             0,03
Niacin (mg)                  0,47
Vitamin B6 (mg)           0,08
Folat (mkg)                 93
Vitamin E (mkg)            0,12
Vitamin K (mkg)            4,6

Konsumsi labu siam 100gr/hari dapat menghindarkan tubuh dari kanker, kebutuhan asam folat untuk otak yang cerdas, menurunkan kolesterol, dan mencegah hipertensi.

Sumber : CBN Portal
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL