Sabtu, 09 April 2011

Ragam Permainan Batita [2]


7 sampai 9 bulan
 
Gaya bermain si kecil para moms sekarang terlihat tambah bergairah. Contohnya, saat ia mengambil sendok, pasti itu akan dipukul-pukulkan ke piring atau mangkuk makannya. Begitu pun bila melihat sekerenceng kunci, pasti akan digoyang-goyangnya. Kini ia sudah bisa meraih dua mainan sekaligus, dan juga  melemparnya sekaligus. Pergerakan tubuhnya bertambah rapi. Ia bahkan sudah dapat memungut remah makanan yang terjatuh di lantai. Jadi hati-hati…

Moms, bayi kita juga menjadi lebih awas terhadap mainan yang pernah dilihatnya lho. Ia akan mengenali beberapa mainan yang pernah dipegang atau diihatnya. Bahkan ia bisa menginginkan mainan tertentu yang sedang ingin dimainkannya, dan mencarinya. Karena kemampuannya itu, Anda sudah bisa mengajaknya bermain ’simpan dan cari’ mainan. 

Di usia ini bayi sedang senang-senangnya berkeliling. Mereka menjadi bayi yang sangat aktif. Ia sudah sangat pandai duduk, berguling, dan bertumpu pada kaki dan tangannya (merangkak). Saat usianya menginjak 8 bulan, dia mungkin sudah bisa berdiri dan bersandar pada kursi atau anak tangga. Mainan-mainan di bawah ini bisa membantunya memperkuat semua kemampuan tadi:
  • Mainan Bongkar Pasang. Banyak bayi menyukai jenis mainan ini. Karena pada dasarnya di usia ini mereka senang melepas, memutar, membuka dan mememasangnya kembali. Mainan ini bagus untuk merangsang keterampilan koordinasi mata-tangan.
  • Boneka (Orang atau Hewan). Bayi-bayi seusia ini sedang membangun kedekatan dengan mainan favoritnya. Pakar anak sering menyarankan para orangtua untuk memperkuat koneksi itu. Hindari boneka yang berpita, bermata plastik, yang jahitannya tak rapi atau apapun yang bisa ditarik dan dimasukkan ke mulut bayi. Pilihlah boneka yang berukuran kecil saja.
  • Bola. Bola adalah salah satu mainan yang paling digemari oleh anak-anak dari berbagai usia. Pilih bola plastik berbahan aman dan mainkan dengan menggulirkan bergantian dari Anda kepada bayi. Atau gulingkan bola tersebut hingga ke kamar supaya bayi bisa mengejarnya.
  • Barang Rumah. Cari salah satu barang di dapur yang menjadi favorit si kecil. Mangkuk plastik, cangkir takar, atau sendok kayu mungkin dapat membuat Si Kecil lebih bahagia.
  • Balok Susun. Tunjukkan pada bayi Anda bagaimana menyusun dan membongkar balok. Susunlah balok-balok itu ke dalam kontainer (kotaknya) dan keluarkan, lalu ajak ia untuk menyusunnya kembali.
  • Mainan Bergerak. Mobil-mobilan, kereta, motor-motoran atau mainan yang bisa mengeluarkan sesuatu, baik jika dimainkan oleh bayi yang baru saja merangkak.   
  • Buku. Inilah masa dimana membaca buku menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Anda dan si kecil. Setelah membacanya Anda bisa memberi buku pada si kecil agar ia bisa membalik-balikkan halamannya.

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL