Sabtu, 09 April 2011

Ragam Permainan Batita

Bayi Baru sampai usia 2 bulan

Di bulan pertama, sebelum bayi belajar meraih obyek atau tengkurap, ia akan lebih tertarik memperhatikan dan mendengarkan benda-benda yang berbunyi. Awalnya memang akan membuatnya pening tapi ia akan bisa menyesuaikan diri melihat benda-benda yang jauhnya sekitar 10-15 cm dari matanya.

Bayi suka memandangi wajah—dan bisa mengenali wajah ayah-ibunya dalam 1 bulan—tapi dia juga suka melihat gambar-gambar wajah. Gambar dengan warna kontras dan terang juga akan menarik perhatiannya.

Ia juga sedang belajar mengapresiasi bunyi dan suara musik lembut. Mainan yang yang bisa bergerak pelan dan mengeluarkan bunyi akan sangat disenanginya.
  • Mainan yang Bisa Digenggam. Keterampilan visualnya yang semakin berkembang membuatnya tertarik untuk mengapresiasi apapun yang diperlihatkankan ke hadapannya. Si kecil memang belum dapat menggenggam lama mainan-mainan itu, namun ia akan ‘meninju-ninju’ mainan itu dengan senang.
  • ‘Tape Player’ atau Kotak Musik. Musik adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi. Mainkan beragam jenis musik—bukan jenis musik yang bising—dan tunggulah responnya.
  • Mainan yang Bergerak-gerak atau Berbunyi. Mainan seperti itu mampu memperkaya dimensi visual kehidupan bayi secara horizontal. Melihat benda dengan komposisi kontras yang mencolok serta dalam berbagai bentuk sangat baik untuknya. Kebanyakan bayi sangat senang melihat benda-benda seperti itu. Gantungkan mainan jenis itu di sebelah kanan atas boks tidurnya. Bayi-bayi baru lebih condong melihat ke arah kanan (80%). Agar aman, gantungkan dengan jarak yang tak bisa diraihnya. 
  • Cermin (non kaca). Meski mereka belum sadar dengan dirinya sendiri di tahapan ini, tapi bayi akan menemukan keasyikan sendiri saat melihat refleksi dirinya. Tempelkan cermin (sebaiknya bahan yang terbuat dari non kaca) di sisi boksnya atau di kursi makannya.
  • Buku Ringan dengan Warna-warna Kontras. Buku-buku cerita khusus untuk bayi dengan gambar-gambar sederhana dan kontras juga akan menarik perhatian mereka. Buka buku disamping bayi (yang sudah bisa duduk), sambil bacakan kisah di dalamnya.  
  • Mainan Sensorik. Mainan ringan yang bisa berbunyi, bergetar atau mencicit sangat disukai oleh bayi berusia 1-2 bulan. Mainan yang berbunyi juga akan membantu bayi ’tersadar’ dengan apa yang dilakukan oleh tangannya.
  • Sarung tangan dan Gelang Tangan. Kenakan dua mainan ini di pergelangan tangan atau kaki bayi. Bunyi derik atau kertak-kertuk dari mainan akibat goyangan tangan/kaki akan merangsangnya untuk terus aktif mengerakkan tangan atau kakinya.
  • Lonceng Angin. Bayi menyukasi musik lembut, gantungkan mainan ini di tempat yang bisa bayi lihatdan dengarkan suaranya. Kalau lonceng ditaruh di atas boks tidurnya ia akan terbiasa memperhatikan itu sebelum ia jatuh tertidur
3 sampai 6 bulan

Memasuki tahapan usia ini, bayi akan menemukan betapa menyenangkan keterampilan tangannya berkembang. Kini telapak tangannya sudah tak lagi terus menggenggam, tapi jarinya sudah bisa digunakan untuk diisap dan menggenggam mainan yang ditaruh di telapak tangannya.

Tangannya sudah mampu meraih dan saling berkoordinasi untuk memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia juga sudah dapat memutar pergelangan tangannya untuk memeriksa mainan yang diberikan padanya, sebelum dimasukkan ke mulutnya. 
Saat memilih mainan, pastikan semuanya aman untuk dikunyah atau digigit oleh si kecil (periksa labelnya). Jangan pernah meletakkan mainan-mainan jenis itu di atas boks dengan diikat menggunakan karet elastis. Ini berbahaya karena bisa membuat si kecil tercekik atau terlilit.

Di usia 6 bulan si kecil mungkin sudah bisa tengkurap sempurna. Karenanya beri ia mainan yang bisa memberiya perspektif kehidupan baru yang penuh suara, berwarna dan penuh perubahan:  

  • Mainan Terangkai. Pada dasarnya ini merupakan jenis mainan yang terangkai satu paket  yang digantung  (mainan berjuntai-juntai dengan aneka pernik dan berbunyi). Bentuknya yang ’ramai’ menarik minat bayi untuk menyentuhnya: mencoba untuk menarik, memutar dan mencolek-coleknya. Tapi saat bayi menginjak usia 5 bulan mungkin permainan jenis ini sudah tak menarik perhatiannya lagi.

  • Gelang-gelang Berbunyi. Bayi sangat senang membuat kebisingan. Beri ia gelang-gelang berbunyi dan lihatlah bagaimana ia memainkannya. Agar ia tambah aktif, putarkan musik bertempo cepat (bayi usia ini suka mendengar musik dan ritme).

  • Batang Aktivitas. Pernah lihat batang-batang yang terangkai di stroller bayi? Atau ‘baby-walker’? Itu dia. Bentuknya yang warna-warni dan mengeluarkan bunyi merangsang bayi untuk mengeksplorasinya dengan mencolek, menggenggam dan menggesernya.

  • Mainan Hewan. Di usia ini bayi sudah mulai memperhatikan hewan. Ada baiknya sediakan mainan berupa boneka hewan yang bisa dipakainya untuk menyalurkan rasa sayangnya pada binatang. Tapi ingat, pilihlah jenis permainan yang rapi dan bagus jahitannya (jangan ada benang terjurai), tidak memiki mata yang terbuat dari plastik, berkancing, berpita dan berajut, karena semua itu berisiko membuat bayi tersedak atau tercekik.  

  • Mainan Mencuit. Beri mereka bebek-bebekan atau katak mencuit yang dapat digenggam dan diremas olehnya. Mainan jenis ini amat cocok menjadi temannya mandi di bak mandi.

  • Buku Cerita. Ada buku-buku cerita—dengan kertas tebal--khusus untuk bayi seusia ini. Bagaimanapun, membiasakan anak membaca buku sejak usia dini akan sangat berguna di masa yang akan datang. Bacakanlah dengan suara akan merangsang keterampilan mendengar dan berbahasanya. Gunakanlah intonasi yang sesuai dengan jalan ceritanya,kalau ada syair yang harus diyanyikan maka nyanyikan. Ini akan membuat bayi semakin tertarik dengan bukunya.

  • Gelang Plastik Warna-warni. Tidak ada yang paling disukai bayi selain menggigit dan mengulum gelang plastik warna-warni untuk mengatasi gusinya yang terasa gatal dan nyeri. Yang paling baik, sediakan mainan yang juga berfungsi sebagai ‘teether’. Simpan ‘teether’ di dalam kulkas (jangan di freezer) supaya sensasi dingin mengatasi rasa nyeri dan gatal di gusi itu.
  • Selimut atau Karpet Aktivitas. Sediakan selimut atau karpet-karpet bergambar atau yang memiliki komponen bongkar pasang di atasnya. Selimut/karpet ini akan berguna ketika Anda mengajaknya bermain di taman atau bahkan di rumah, untuk merangsangnya untuk belajar merangkak.

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL