Senin, 07 Juni 2010

Bayam Sang Raja Sayuran

Ah masak iya, bayam Raja Sayuran?

Enggak tahu juga, kata orang-orang seh begitu. Nggak mau pusing soal ini. Yang penting bayam adalah one of fave food for Abiy. I Love U deh say. Pinter banget suka sayuran. Alhamdulillah, pasti karena rohmanNya. RohmanirrohimNya juga kalau dulu pas hamil, saya suka bilang ke ke calon bayiku : "De, nanti yang suka sayur ya, biar sehat, kuat, cerdas dan tetep sholeh..........". Mungkin dia jawab gini yah, "iya momi, beres!". Hihihihi

Gara-gara bayam si Popeye ini, aku terpengaruh secara positif [hehe] untuk membuat beibiku Abiy, cinta ma bayam. Pucuk di Cinta, Ulam pun Tiba. Tak hanya Abiy yang akhirnya demeeen banget kukasih bayam [mungkin karena rasanya segar plus daunnya lembuuth banget], tetapi juga si bayam ini dengan senang hati tumbuh begitu saja di halaman belakang rumah. Tanpa kuminta. maksudnya?

Yupp! Dia tumbuh sendiri, mungkin oleh angin yang membawa pesan dari Sang Pencipta. Dan kini tak hanya di belakamg rumah saja, dia menggurita, ke halaman depan, samping. Dia tumbuh semena-mena. Merasa bagai tanaman cantik, dia menyembul diantara euphorbia dan anthuriumku. hahaha... But, love it!


Lalu bagaimana kandungan gizi bayam? Menurut dr Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam terkandung tenaga sebesar 21,0 kcal, air 92,9 gr, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 2,7 gr, serabut 0,7 gr, abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg, besi 3,8 mg, natrium 131,0 mg, kalium 385,0 mg, betakaroten 4080,0 ug, vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg, niacin 0,7 mg, dan vitamin C 76,7 mg.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi ini, jadilah bayam sering disebut sebagai “King of Vegetables” atau “Raja Sayuran“. Wow.. And Thanks 2 Allah 4 d'spinach in my house...

Lalu-lalu, khasiatnya apa?
let's check :
  • Anda lesu, tidak bergairah, kurang darah? makan bayam
  • kelebihan kolesterol, terkena eksim, asma, sariawan? makan bayam
  • perawatan kulit? pakai bayam
  • seratnya tinggi, tentu bags untuk pencernaan kita
Hanya, bayam punya kelemahan, yaitu pada proses pengolahannya. Kita tidak bisa memasak sayur bayam dengan panci aluminium, karena akan menjadikannya beracun, akibat bereaksi dengan zat besi yang dikandung bayam. Oh no! Perlakuannya kudu istimewa. Manja nih sayur ya...

Selain itu, sayur bayam kalau sayur bayam tak bisa lagi dinikmati jika telah lewat lima jam sejak dimasak. Seperti sayuran lain, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama di atas api karena hal itu menyebabkan gizi pada bayam banyak terbuang, bahkan bayam akan terasa pahit. Dan mengapa bayam tak boleh dikonsumsi lebih dari lima jam? karena bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia

Dan yang harus diperhatikan adalah bayam kurang baik bagi mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Mengapa? karena kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Catatannya :
bayam bagus untuk bayi yang masih dalam pertumbuhan. Tetapi biasakan minum air putih yang banyak untuk melarutkan purinnya. Sehingga meminimalisir kemungkinan terjadi asam urat saat dewasa.

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL