Senin, 07 Juni 2010

Kacang Panjang [jadi Kacang Pendek]

Kacang Panjang. Entah mengapa, Beibiku suka sekali menggerogoti si kacang panjang kukus atau yang dalam sayur. Sejak ia berusia tujuh bulan, ayahnya UjankQ, sering menggenggamkan kacang panjang pada Abiy. Biar tangannya sibuk, pikir si Ayah. Ternyata, efek ke depannya sangat positif, Abiy akan mengulurkan tangannya meminta, jika ia lihat kacang panjang di rumah.

Sayuran yang langsing ini ternyata banyak juga manfaatnya. Secara Abiy  beibiku sangat suka, saya jadi merasa berkepentingan untuk mengurai aneka kandungan gizi dan manfaat si kacang panjang ini. 


Wah-wah, sebagai keluarga dari kacang-kacangan, kacang panjang memiliki nilai gizi yang sangat baik. Baguzz! Setiap 100 gramnya, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1. Lembayung, alias daun kacang panjang yang juga sangat enak rasanya bahkan memiliki kandungan zat gizi yang tak kalah baiknya. Tapi soal lembayung, belum dicobakan untuk si Abiy.


Gizinya banyak, manfaatnya tentu banyak pula donk. Apa saja ya kira-kira? Saya menemukannya paling lengkap disini. Karena mengandung betakaroten, vitamin B1 dan B, klorofil, serat serta pektin, kacang panjang ini penting untuk menjaga kandungan gula dalam darah. [Biar enggak diabetes, asikk]. Bisa juga lho mengatasi hipertensi, memperkecil resiko terkena stroke [termasuk serangan jantung lain ya donk]. Seratnya meningkatkan fungsi organ pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Mencegah serangan kanker dan juga bersifat diuretic alias peluruh kencing tingkat sedang. Wew.. 
Khasiatnya hampir sama ya dengan sayuran lainnya. Hmm, sepertinya Tuhan kita memang sudah menciptakan dunia ini begitu sempurna. Manusia dengan sifat mudah bosan dan ragam kehidupan [baca : makanan] didalamnya. [hehehehe]..

Sepertinya masih banyak khasiat lainnya. Kacang panjang ini juga biasa digunakan sebagai bahan jamu-jamuan. tapi maaf, saya tidak bisa membahasnya. [belum berminat]. 
Kacang panjang, menurut saya, paling enak dibuat pecel [kukus], urap, sayur bening, tumis, orak-arik, sayur asam [semua versi saya sendiri]. Bahkan kadang-kadang saya sup. hehehe...........



0 comments:

Poskan Komentar

Share it

 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL