Minggu, 06 Juni 2010

Wortel, Nyam-nyam

Wah, kalo sayuran oranye yang satu ini memang kegemaran semua orang yah... Jai enggak heran kalau si Abiy juga suka banget dengan wortel. Alhamdulillah... Vitamin A-nya itu lho... dari penampakan buah [atau sayur] ini aja juga sudah memperliatkan dia memang baik untuk si mata.

Abiy suka mengunyah wortel, baik mentah apalagi matang [lebih empuk]. Wortel ini sudah menjadi santapan wajib minimal 2 hari sekali. Kan perlu juga ganti makanan lain. Variasi donk!

Penasaran juga kandungan wortel ini. Apalagi ya kelebihannya...


Dan ya, yang mencengangkan adalah, beta-karoten dari wortel mampu menyelamatkan para perokok aktif atau pun pasif dari ancaman racun asap rokok [saya nih, kakeknya Abiy adalah perokok, tapi kami tidak tinggal bersama]. Itulah mengapa, tak semua perokok kena penyakit paru-paru. Coba cek disini. Alhamdulillah. Jadi makin cintaaaaa sama wortel.

Kandungan Gizi si wortel yang menyukai tanah gembur dan subur ini apa saja ya? tentunya vitamin A, yang ternyata memang tinggi, yaitu sebesar 12000 SI. Kandungan zat lainnya yang terdapat dalam wortel diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, Beta karoten, besi, vitamin B 1, dan vitamin C.

Oke deh, lalu khasiatnya?? hmm kandungan karoten dan vitamin A pada wortel sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. [yah, tentang ini semua sudah pada tahulah. Tetapi tak hanya untuk mata, kandungan Beta karotennya juga dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. 

Sementara kandungan antioksidan karoten yang tinggi dapat memerangi efek polusi. Wortel juga terbukti baik untuk mengatasi kejang jantung, eksim dan cacing kremi. Luka dalam mulut, napas tidak sedap, gusi berdarah dan sariawan bahkan bisa disembuhkan dengan mengunyah daun wortel.  

Bahkan, wortel bisa juga nih,  mengatasi nyeri haid, caranya 250 gram wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
 
Mengatasi sembelit dengan 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minumlah sari wortel tersebut 2 kali sehari.
 
Menghaluskan wajah, ambil saja 2 - 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air.
 
Mengatasi hipertensi. Untuk yang ini ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
 
Mengatasi demam pada anak, bisa juga. Cukup dengan 200 gr wortel bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
 
Mengatasi luka bakar dengan menumbuk hingga halus wortel dan mengoleskannya pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
 
Menyembuhkan batuk. Bagus ini untuk Abiy saat batuk Kan alami. Juga anak moms semua. Caranya, ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari. (OL-08). Coba cek aja disini.

Untuk Abiy sayank, saya biasa memasaknya sebagai bahan sup, tumis, orak-arik, omelet, lalapan. Apalagi ya, enaknya diapain moms?? bagi resep donk....

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL