Jumat, 11 Juni 2010

Brokoli, Mantab GIZInya

Kriukk deh, kalau lagi makan brokoli. Soalnya kan memang dimasaknya dengan dikukus atau disup sebentar. Jadi masih berasa renyahnya. Nikmat-mantab lah...

Berhubung sekarang sekeluargaku ngikut apa yang dimakan Abiy, maka sayur pun hanya beli yang kira-kira Abiy mau. Berhubung brokoli adalah sayur sup [maksudnya biasa dipakai untuk bahan sup] ya sud, kita coba.

Masaknya sebentar, saya memotongnya dibagi dua. Satu kecil-kecil, biar mudah untuk Abiy telan, satunya lagi agak besar buat yang gedhe... Dan Abiy suka!

Seputar Brokoli
Wah, saya baru tahu nih moms, bahwa si brokoli ini masuk dalam kelompok kubis. Saya pikir kembar siam sama kembang kol saja. Fakta menariknya adalah adanya kandungan sulforaphane dan indoles dalam si brokoli yang mempunyai efek antikanker. Sulforaphane juga meningkatkan enzim yang mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan substansi yang bersifat karsinogenik lebih cepat dari tubuh. Selain itu, zat ini juga mampu mengurangi pertumbuhan sel dan kematian sel pada leukemia dan sel melanoma.

Sumber yang lainnya mengatakan brokoli mampu mencegah serangan jantung dan stroke, efek positif dari si sulforaphane juga. Zat ini menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Wow!

Ceritanya, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk.
Mineral penting seperti kalsium [lebih besar dibandingkan  segelas susu], potasium, kalium, besi dan selenium.
Zat lainnya adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flavonoid dan serat [lebih banyak daripada sepotong roti gandum].

Hebatnya lagi
Brokoli dapat meningkatkan daya kerja otak. Brokoli juga mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri semacam pikun akibat enzim acetylcholinesterase. Nah, brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah karena mengandung chromium untuk mengatur tingkat gula darah.

Kayaknya gizinya banyak banget yah.. bakal sering-sering nih. Cuma sayang, disini, didaerah saya, sulit mendapatkannya. Musti pesan ke dudenyaAbiy dari Kediri... ooughh.....

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL