Selasa, 27 April 2010

Anak Perlu Banget Minum Susu

barengi pemahaman mengapa setiap orang perlu minum susu
Ternyata dari berbagai referensi, prinsipnya, memang hanya bayi yang wajib minum susu.  Ooo. Pasalnya, hingga usia 6 bulan, susu merupakan satu-satunya sumber makanan bagi bayi.

Setiap bayi berhak mendapat ASI. Kandungan gizi didalamnya, sudah sedemikian komplet dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh bayi untuk tumbuh sekaligus otaknya  terus berkembang.
  
JANGAN BERHENTI MINUM SUSU
Setelah anak berusia 6 bulan susu berperan sebagai pelengkap atau bukan lagi makanan utamanya. Di usia ini anak-anak  [lebih tepatnya bayi-bayi kali ya..] sudah sangat aktif dan mulai banyak membutuhkan zat gizi lain. Dan tidak akan terpenuhi kalau hanya mengandalkan susu.  Karena dikatakan sebagai pelengkap, orang tua sebaiknya tidak menghentikan kebiasaan minum susu pada anak, setidaknya sampai usia 12 tahun. Mengapa harus demikian, inilah penjelasannya: 
 
LIMA ALASAN PERLUNYA MINUM SUSU
1. Kandungan gizi yang terdapat dalam susu lebih mudah diserap tubuh dibanding makanan lainnya.
2. Konsumsi makanan bergizi yang terdapat dalam 4 sehat 3 kali sehari perlu disempurnakan dengan susu.
3. Asupan mineral ke tubuh akan kurang bila tidak ditambah dengan susu. Untuk anak 1 tahun ke atas, contohnya, kebutuhan kalsiumnya adalah 800-1.200 mg/hari, sedangkan untuk bayi 1 tahun ke bawah kebutuhannya hanya 300 mg/hari. Kebutuhan ini tidak akan tercukupi dari makanan saja, sehingga harus ditambah dengan susu yang kaya akan kalsium. Kalsium yang terkandung dalam susu dalam jangka panjang bermanfaat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
4. Kebutuhan lain yang bisa dipenuhi dengan minum susu secara teratur adalah Vitamin A dan D. Kedua vitamin ini pun sangat sulit tercukupi bila hanya mengandalkan asupan makanan saja.
5. Susu kaya akan kandungan triptofan yang bermanfaat mengistirahatkan sel-sel tubuh. Dengan kata lain, minum susu di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak, dan tubuh bisa istirahat secara optimal.
Dengan adanya kelima alasan ini, mulai sekarang ayah-ibu sudah tahu dong mengapa anak perlu didorong minum susu meskipun itu bukan lagi makanan utamanya.
Konsultan Ahli: Dr. Eva J. Soelaeman, Sp.A(K) , dari RSAB Harapan Kita, Jakarta

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL