Jumat, 21 Mei 2010

Delicious Food for Abiy's Brains

Pufff, dari belajar kesana kemari, gosip sana sini, baca ini dan itu, aku coba praktekkan ilmunya untuk menyokong kecerdasan otak abiy. Hmm bahasa yang aneh ya, kayak malay-an. Tepatnya, makanan super penting untuk mencerdaskan otaknya Abiy. Siapa hayoo ndak mau anaknya jadi cerdas? And hopefully abiy won't only be a smart and keen-witted boy but also d'pious one. Aamiin.....

Nah, saya mau cerita nih sekarang, makanannya si otak [otak semua manusia di dunia sama paling demen sama makanan-makanan ini nanti, tapi biar kutambahkan sekalian mana-mana yang Abiy favoritkan, biar nanti moms semua tahu mau kasi kado apa yang bisa nyenengin Abiy, hehehehe]

Secara otak adalah organ tubuh paling ga bisa nahan lapar. Selain ituh, otak juga yang pertama kali akan menyerap nutrisi dalam makanan, ini seperti yang diomongin Bethany Thayer, MS, RD, ahli nutrisi dari Detroit dan juru bicara the American Dietetic Association (ADA). Webnya ada di eatrightdotcom. Mampir dek kesana.

Terutama sekali otak bakal kegirangan kalau dikasih :
  1. Salmon. But hihixxx, huhuhu.. Nangislah ai, macam mana pula disini tak adalah itu salmon. Dimana pula awak nak cari. Moga-moga nanti di Kediri ada. Saya tinggal di kota kecil sekali. Ikan mahal seperti salmon kok belum pernah dengar beredar disini yah... Tapi kenapa salmon? yupp, karena salmon adalah ikan berlemak asam yang kaya DHA omega 3 dan EPA [penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak]. Dan berdasarkan penelitian, orang dengan konsumsi asam lemak lebih banyak, terbukti berotak lebih tajam. Selain itu, mampu lulus tes mental lebih bak. Wow!
  2. Ikan Tuna. Horeeee, yang ini ada. Abiy sukaaa. Dikukus juga suka, dan itulah yang lebih sehat. Alhamdulillah. Dengan dikukus, steam, atau panggang [tidak terkena api langsung], minyak ikan tetap ada [kalau digoreng, larutlah minyak ikan itu dalam minyak goreng, masak mau makan minyak gorengnya juga]. Tapi ikan tuna ini kurang berlemak, jadi tidak sebagus salmon.
  3. Yang murmer telur. Nah ini abiy kurang suka. Tapi sekali-kali mau. Sebenarnya disarankan lho, sarapan pagi dengan sebutir telur tiap hari. Putih telurnya kaya dengan choline yang baik untuk perkembangan memori. Tapi jangan banyak-banyak, kuning telurnya meski bermanfaat untuk kesehatan mata [mencegah kebutaan] namun penuh kolesterol [yang jika terlalu banyak akan menjadi plak dalam saraf, dan berpotensi menghambat aliran darah].
  4. Kacang tanah dan selai kacang [kacang disangrai then blend it]. Wow ini dia yang enak dan kaya vitamin E, antioksidan untuk perlindungan sistem saraf yang optimal, serta kaya thiamin. Thiamin ini perlunya untuk mengubah glukosa menjadi energi.
  5. Beras dan biji-bijian. Biji beneran ding, hihi. Kalau ini sih ya makanan pokok orang Jawa. Tiap makan ya pasti pakai ini to. Ada apa ya dengan beras? hmm pastinya karena glukosanya, kan otak perlu glukosa untuk mikir. Beras juga mengandung  vitamin B, manfaatnya untuk menyehatkan sistem saraf. Jangan lupa konsumsi serat untuk membantu pelepasan glukosa kedalam tubuh.
  6. Tepung gandum, ini belum dicoba, kecuali lewat sariroti gandum. Tapi carinya susah disini, di Indomaret aja nggak ada lho. Bersyukurlah wahai yang mudah menemukan gandum. hehe. Padahal, jaman bahula, ibu saya makan gandum hasil kebun sendiri. Tapi dulu dianggap makanan murahan dan tidak ada gizinya [hanya karena rasanya yang cebleh]. Dikonsumsi dalam bentuk sereal panas, gandum akan menyediakan bahan bakar energi yang bagus untuk anak-anak kita dipagi hari. Gandum juga kaya serat, sumber vit E, B, seng dan potasium [inget mercon, hihi] untuk fungsi otak maksimal.
  7. Semua buah berry2an. Strawberry, Blueberry, Blackberry, cherrys. Huhu, ini Abiy belum suka, masih terlalu kecut mungkin ya? Pilih yang paling gelap, makin gelap makin banyak nutrisinya. Antioksidannya banyak. Bisa banget untuk mencegah kanker. Juga banyak vitamin C, antipilek donk ya.... Dan ternyata, bijinya adalah sumber omega 3 [blender aja biar kemakan]. Sedang ekstrak buah berry bisa mempertajam ingatan. Love berry, mmuach........
  8. Kacang2an untuk makan siang. [kacang beneran ding, such as kacang panjang, kacang merah, buncis, dll]. And d'good news is Abiy love all of beans. Hurayyy. Protein, karbohidrat kompleks, mineral, serat dan aneka vitamin, semua ada didalamnya. Cihuyyy murmer. Makan di siang hari agar daya tahan otak dan tubuh maksimal.
  9. Sayur Berwarna Kuat. Yang ijoo banget, atau oranye banget. hehe. ketahuan neh, wong ndeso. Abiy loves spinach, carrots, chayote squash, mustard greens,curly lettuce, kale, and all of vege. Alhamdulillah. Secara ini kan sumber antioksidan terbaik dan penjaga otak sehat dan kuwat. kekkkekkk....
  10. Susu. hurayyy my asi [breast milk] is still trickling down swiftly, although it's no longer looked bonny [hihi]. Tapi maksud disini susu sapi dan olahannya, diatas 2 tahun nanti kan sudah tidak asi. Pasti udah pada tau semua, susu sapi [& mamalia lain] penuh protein dan vit B yang penting banget untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Soal susu, Abiy sekarang udah konsumsi susu UHT  Plain untuk selingan ASI dan MPASI. Dia suka sekali lho..
  11. Daging Sapi tanpa Lemak, Sumber Zat Besi dan Seng. eh Abiy suka banget daging sapi. Aku suka bikin sup iga sapi dengan bumbu alakadar aja. Not to tasty first.. Lagian modal bawang putih aja udah nikmat kok buat dia [ngirit juga, hahaha].
NB: yang diBold adalah yang udah dikonsumsi Abiy sehari-hari dan yang nyata-nyata dia suka. Mungkin kalau udah bisa ngomong, dia bkal bilang. Uhhhmmm nyam enak bangets....mam........

2 comments:

Anang mengatakan...

weh jan hepimam tenan

yuyun depe mengatakan...

of course donk... wakmu nti aja ya jadi hepipap...

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL