Rabu, 12 Mei 2010

Ragam Permainan si Beibi 3 - 6 Bulan

Moms, kali ini ceritanya, beibi cayank kita udah menginjak umur 3 bulan neh. Nah, melanjutkan artikel terdahulu, kira2 permainan seperti apa ya yang bakal mengoptimalkan pertumbuhan otak beibi sekaligus juga mudah, murah dan menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Ga pake ba bi bu, checkitout....

  1. Ini wajahku. Tujuannya untuk pengenalan pada bentuk-bentuk wajah sekaligus menumbuhkan minat mengamati. d'simple way is [haha] pake karton aja yang digambari wajah dengan warna-warni mencolok plus bibir senyum yaa. Tunjukin deh gambar ini, lalu putar ke bagian yang kosong. Responnya beda tidak?
  2. Tengkurap dan Bergerak Bebas. Ahaa bayi kita dah waktunya belajar tengkurap ni. Jangan digendong terus ya. Gemez sih, tapi ntar ga pinter-pinter lho. Kalo belum bisa, tengkurapkan diatas kasur empuk yang TIPIS [biar wajahnya tidak tenggelam]. Taruh bola dihadapannya. Gulirkan. Tertarikkah ia untuk meraih? aih-aih.. pinter... Gunanya si beibi akan terdorong untuk bergerak meraih bola.
  3. Belajar Nada.  Tepuk2 yuk tangan kita. Nyanyi deh lagu Pok Ami-ami. Lalu coba tepukkan tangan si beibi sambil kita ngomong "plok-plok-plok". Lain kali coba dengan menepukkan tutup gelas atau panci atau bahkan sendok beradu sendok hingga berbunyi. Boleh juga dengan berucap satu-dua-tiga, satu-dua-tiga. Lihat responnya momm, sama atau beda?
  4. Benda Berguling. Kali ini ambil botol plastik kecil yang ringan. Coba deh, gelindingkan botol itu dari bahu ke perutnya. Permainan ini bagus lho untuk mengenalkan bagian tubuh pada si beibi. Lihat responnya moms. Kita lakukan ini sembari mengajaknya ngobrol, seperti "sayang, geli tidak? coba ini dari bahumu [goyang ringan bahunya] dan waaa sampai ke peruuut.... [goyang ringan perutnya]". Dan ulangi terus yach...
  5. Memukul Kaleng dan Bernyanyi. Tujuannya untuk melatih kemampuan si beibi dalam memperhatikan suara, irama, juga kemampuan indera perabanya. Caranya hadapkan bayi pada kaleng kosong. Pukul pelan kaleng itu,ucapkan "1-2, 1-2, 1-2". bagaimana responnya? Sekarang coba, gerakkan tangan si beibi memukul kaleng itu pelan. Lalu biarkan ia mencobanya? apakan ia mengikuti irama 1-2? kalau belum, jangan nyerah.. ulang terus yach............
  6. Sajak dan Pusisi. Belajar berbahasa sejak dini nih maksudnya. Kenapa sajak, karena irama akan membuatnya lebih cepat mengerti [ Lagu, permainan sajak, permainan bahasa dan sajak kanak-kanak merupakan cara terbaik untuk memupuk kesadaran fonologi pada usia prasekolah. Adams, 1990] coba lihat penelitiannya lewat sini. bacalah sajak [yang ringan dan pendek saja] di depan si beibi imut kita. ulang2 yah.. Jika ada gambar, tunjukkan donk. 
  7. Ini tanganku. Kali ini beb kita belajar  mengamati dan meniru sekalian lah belajar nada. Caranya, pangku si beibi, tepukkan kedua tangannya sambil bernyanyi. Usahakan ia melihat moms. Jka ia belum mau, cobalah lagi. lambat laun ia pasti menikmatinya dan mau melakukan hal serupa.
  8. Benda jatuh! Wuah, sudah saatnya, beibi kita belajar gaya gravitasi ala Sir Isaac Newton moms. hehe.. Ambil benda apa aja atau bola kecil. Pegangkan pada beib sambil anda pegangi juga. Angkat dan jatuhkan perlahan sambil ucapkan "turun". ulang2 dan lihat responnya? Pegangkan sekali lagi ke tangan bayi. Namun kali ini biarkan ia mencobanya sendiri. apakah ia melemparkan tau menjatuhkan bolanya? sudah? yipppiiie hurayyy. belum? latih lagi..... 
Wuaaa, beib di umur segini udah makin kuat badannya. Kita juga ga terlalu khawatir lagi. hiii menggemazkan. Jangan lupa, ASInya teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusss ya?

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL