Kamis, 06 Mei 2010

Ragam Permainan si Beibi 0 - 3 Bulan

Alhamdulillah , akhirnya beibi kita tlah lahir dengan selamat. Pasti lega donk rasa hati begitu si beibi baru dipangkukan pada tubuh kita yang masih terbaring lemah usai mengejan. Hihihi [jadi ingat 1 tahun lalu]

Here are moms, aneka ragam permainan simpel tapi GUNA banget untuk stimulasi beibi kebanggan kita:
  1. Gerakan anggota badan.  Sampai usia 1 minggu, amati gerakan badannya ya moms smua. Sekali-kali putar kepala beibi kita  kanan atau kiri untuk pengenalan. Amati juga gerakan tangannya. Kasih dah jari mom, buat dipegang-pegang si kecil. IIh, asik dipegang sama yang imut-imut.
  2. Respon terhadap Cahaya.  Moms, rangsang penglihatan si beibi dengan membuka tirai saat bayi terjaga. Apakah dia akan berputar ke arah jendela. Lalu coba tutup tirai, sorotkan senter ke dinding, what's gonna be? 
  3. Benda yang Bergelantung. Ambil tali moms, taruh di atas kepala beibi. Gantungkan mainan atau boneka kecil pada tali itu. Lalu gerakkan. Hmm mana yang lebih menarik perhatiannya? Oo bisa juga beli mainan gantung yang bersuara itu..
  4.  Gemerincing Mainan.  Ini untuk merangsangk pendengaran. Selain itu juga melatih beibi mengkoordinasi tangan dan mata. Coba deh moms, pindah-pindah kerincing tangan kiri dan kanan. Aih, gemez liat dia tolah-toleh.
  5. Mengenal Wajah. Gendong beibi ke depan cermin lalu hadapkan. Hmm, tersenyumkah? Apa juga menggumam? jika ya, hihi balas donk gumamannya. Bisa juga dengan menghadapkan si beibi pada cermin kecil. Lalu sembunyikan cerminnya. Then, hadapkan lagi sambil berkata, ciluuuuk baaa........... [sambil sebut namanya]
  6. Latihan Fokus. Tengkurapin Beibi. [Hoho, tak apa]. Bicaralah moms, diangkatkah kepalanya? Coba dengan telentang dan bicaralah dari sebelah kirinya kemudian ganti dari arah kanan? Asik, beibi ita akan belajar banyak hal. Koordinasi otot sekaligus melatih telinga kanan dan kiri
  7. Mengenal Warna. Untuk yang murmer, cari kertas warna 6 macam dan 1 karton. kartonnya gunting 3 buletan yah. Tempel kartonnya dengan kertas warna. Jadi masing2 sisinya akan berbeda warna. Gantung deh di atas tempat tidur beibi. Tertarikkah ia? Apa kelihatan berbinar melihat warna2? Coba, diraih enggak karton itu? Lalu peluk beibi. Then say I love U. hehe... I did
  8. Koordinasi tangan dan mata. Kali ini kita butuh bola kecil moms. Gulirkan melewati dada atau leher. Bagaimana? Beibi mom hanya melihat saja atau mengikuti arahnya? Ulangi selalu sampai si beibi jadi ahli menggapai bola itu dengan tangannya.
 Semuanya lakukan berulang.. InsyaAllah beibi kita tambah pintar. 
Okey. Sabar dan ikhlas selalu yach...............


0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Hepimam | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL